Antisipasi Pemudik, Polrestro Bekasi Perketat Pengawasan Jalan Tikus

Jum'at, 09 April 2021 - 19:01 WIB
loading...
Antisipasi Pemudik, Polrestro Bekasi Perketat Pengawasan Jalan Tikus
Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi akan mengawasi jalur tikus yang berada di jalan arteri untuk mengantisipasi warga yang tetap nekat mudik. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi akan mengawasi jalur tikus yang berada di jalan arteri untuk mengantisipasi warga yang tetap nekat mudik. Selain itu juga disiapkan berbagai kebijakan untuk mencegah pemudik setelah pemerintah menetapkan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Kepala Kepolisian Resort Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan, selain melakukan penyekatan di ruas Tol Jakarta Cikampek, jalur arteri maupun jalur alternatif, petugas juga akan mengawasi semua jalur. ”Sampai jalur tikus kami jaga. Akan ada petugas yang bersiaga 24 jam,” katanya, Jumat (9/4/2021). (Baca juga; Ada Larangan Mudik, Garuda Sesuaikan Jadwal Terbang )

Menurut dia, penyekatan ruas tol Jakarta Cikampek akan dilakukan petugas di semua pintu tol, di antaranya Cikarang Pusat, Cibatu, Cikarang Barat, dan Tambun Selatan. Kemudian jalur arteri yaitu Kedungwaringin (perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang), Cibarusah (perbatasan Kabupaten Bekasi-Kabupaten Bogor).

Kemudian jalur alternatif seperti Pebayuran (perbatasan utara Kabupaten Bekasi-Karawang) dan Jalan Inspeksi Kalimalang (perbatasan selatan Kabupaten Bekasi-Karawang). ”Kemudian ada jalur tikus juga yang turut kami jaga. Seperti tahun kemarin, jalur tikus ini yang jadi tujuan pemudik untuk keluar wilayah Kabupaten Bekasi. Namun akan kami jaga,” ucapnya.

Tidak hanya jalur darat, kata dia, para personelnya pun akan disiagakan untuk menjaga lalu lintas penyeberangan sungai atau perahu eretan. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, banyak pemudik menggunakan jasa rakit untuk menyeberangi Sungai Citarum maupun Sungai Cibeet menuju Kabupaten Karawang.

”Ada beberapa titik eretan di Kabupaten Bekasi yang menuju Karawang, ini akan kami jaga juga,” ungkapnya. Kendati penjagaan dilakukan secara ketat, namun Hendra memastikan petugas akan mengutamakan tindakan humanis untuk menghalau pemudik dan akan diarahkan untuk kembali putar balik. (Baca juga; Larangan Mudik, Polda Metro: Kami Rumuskan Cara Bertindak Anggota )

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengimbau masyarakat untuk patuh dengan instruksi pemerintah agar tidak berlebaran di kampung halaman.”Mari kita rayakan Idul Fitri dengan tidak melakukan mudik. Mudah-mudahan ini tidak mengurangi kita dalam rangka merayakan hari kemenangan. Berkumpul bersama keluarga tetap di rumah,” katanya singkat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)