Stok Darah di PMI Menipis, Ratusan Personel Brimob Lakukan Donor

Rabu, 03 Maret 2021 - 12:44 WIB
loading...
Stok Darah di PMI Menipis, Ratusan Personel Brimob Lakukan Donor
Ratusan personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, mendonorkan darah dan plasma konvalesen di Gedung Pratidina, Mako Brimob, Cimanggis, Kota Depok, Rabu (3/3/2021). Foto: R Ratna Purnama/SINDOnews
A A A
DEPOK - Ratusan personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, mendonorkan darah dan plasma konvalesen dibantu petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) di Gedung Pratidina, Mako Brimob, Cimanggis, Kota Depok

Ketua Umum Pengurus Besar PDDI, Komjen Pol (P) Adang Daradjatun mengatakan, kegiatan donor ini untuk kepentingan seluruh masyarakat. Adang pun mengaku bangga dengan kesigapan pasukan Brimob terkait ketersediaan darah yang menipis semenjak pandemi.

"Saya sangat bangga dengan Korps Brimob secara tanggap setelah adanya masalah yang berhubungan dengan kekurangan darah di beberapa daerah karena adanya Covid-19, Brimob terdepan memberikan bantuan," katanya di Depok, Rabu (3/3/2021).

Dari hasil donor pasukan Brimob didapat sekitar 250 kantong darah. Selain itu beberapa penyintas dari Brimob juga mendonasikan plasma darah konvalesennya.

"Hari ini sekitar 250 pada hari ini, kemudian delapan kantong untuk plasma. Ini terus berlanjut ya," tambahnya.

Sementara itu Kabid Kesjas Korbrimob Polri, Kombes Pol Dr Djarot Wibowo mengatakan, kegiatan donor darah ini memang rutin dilakukan. Hanya saja untuk donor plasma konvalesen memang pertama kali dilakukan di Brimob.

"Iya ini perdana (donor plasma konvalesen), kami sudah punya konsep membentuk Satgas Plasma Konvalesen Korbrimob Polri. Kebetulan penyintas di Mako Korbrimob ini cukup banyak. Kemarin kami menskrining kurang lebih dua puluh, yang memenuhi persyaratan secara teknis ada delapan, jadi hari ini ada delapan," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)