Via Instagram, Anies Sebut Sampah di TPST Bantar Gebang Telah Hasilkan Energi Listrik 583,95 MWh

loading...
Via Instagram, Anies Sebut Sampah di TPST Bantar Gebang Telah Hasilkan Energi Listrik 583,95 MWh
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.Foto/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan perkembangan terkini pilot plant Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Bantar Gebang. Dari perkembangan terkini tersebut diketahui TPST Bantar Gebang telah dapat menghasilkan energi listrik sebanyak 583,95 MWh.

Melalui akun Instagramnya Anies Baswedan mengupload infografis tentang perkembangan terkini pilot plants PLTSa Bantar Gebang periode Februari-Oktober 2020. Dari infografis tersebut diketahui PLTSa sudha beroperasi kontinyu menjadikan sampah sebagai energi listrik. Dengan bahan baku sampah menghhasilkan listrik dengan nilai kalor 1.500 kkal/kg.

Pembakaran di dalam tungku pada suhu lebih dari 850 derajat celsius, tanpa bahan baku tambahan. Operasional dengan kapasitas penuh menghasilkan listrik sebanyak 731,1 kW. Listrik digunakan untuk keperluan internal PLTSa sebesar kurang lebih 350 kW. (Baca: Wagub ke DPRD sebelum Positif Covid-19, Taufik: Cukup yang Kontak Erat Dites Swab)

PLTSa ini membakar sebanyak 8.190 ton sampah, dengan kemampuan mereduksi sampah 81,33%. Energi listrik yang dihasilkan sebanyak 583,95MWh atau sekitar 110 kWh/ton sampah. Adapun jumlah residu fly ash dan bottom ash mencapai 1.529,4 ton.

(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top