Amankah Server PPDB dan Dukcapil DKI dari Hacker? Budi: Sejauh Ini Tak Ada Gangguan

Rabu, 26 Juni 2024 - 14:18 WIB
loading...
Amankah Server PPDB...
Peretasan menghantui server PPDB 2024 dan Dinas Dukcapil DKI Jakarta seperti menimpa Pusat Data Nasional (PDN). Amankah server tersebut dari hacker? Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peretasan menghantui server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 dan Dinas Dukcapil DKI Jakarta seperti menimpa Pusat Data Nasional (PDN). Amankah server tersebut dari hacker?

"Nggak ada (peretasan server Disdik dan Dukcapil). Alhamdulillah aman. Kita juga akan ada padanan dengan Dukcapil, itu juga server aman. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan di sistem kami," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaluddin di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).



Budi yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta menegaskan server PPDB Jakarta 2024 akan diperkuat sistemnya agar tidak mudah diretas hacker.

"Kami sedang mengkaji kondisi keamanan. Kalau memang diperlukan untuk tambahan ini kami akan diskusikan juga dengan pimpinan apakah bisa disetujui atau tidak," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan sejak Kamis (20/6/2024). Akibat hal tersebut masyarakat terpaksa mengantre di layanan keimigrasian saat kedatangan atau keberangkatan menggunakan penerbangan internasional.

Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo menyebutkan Ransomware yang menyerang server PDN telah berdampak pada 210 instansi pusat dan daerah di Indonesia.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)