Dukcapil Jamin Dokumen Kependudukan Warga Terdampak Kebakaran Manggarai Bakal Diganti

Rabu, 14 Agustus 2024 - 15:55 WIB
loading...
Dukcapil Jamin Dokumen...
Plt Kepala Dinas Dukcapil Jakarta, Budi Awaludin menjamin, warga terdampak kebakaran di Manggarai, Jakarta Selatan bakal mendapatkan ganti dokumen kependudukan. Foto/SINDOnews/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta, Budi Awaludin menjamin, warga terdampak kebakaran di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan bakal mendapatkan ganti dokumen kependudukan hingga ijazah yang dokumennya ludes terbakar, asalkan mereka melaporkannya.

"Memang sudah jadi protap kami, SOP kami tuk melakukan pelayanan kependudukan. Bagi masyarakat dokumen kependudukannya itu terbakar bisa langsung ajukan ke kita, baik itu KTP, Akta Kelahiran, dan lainnya," ujarnya pada wartawan, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, warga yang dokumen kependudukannya ludes dilalap api bisa melaporkannya ke posko Dukcapil Jakarta yang dibuat di posko-posko pengungsian. Nantinya, petugas bakal mendatanya dan memproses pengajuan dokumen kependudukan tersebut.

Bukan itu saja, kata dia, Dinas Pendidikan Jakarta juga bakal membangun poskonya agar warga yang ijazahnya terbakar pun bisa diberikan ganti dengan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) yang berpenghargaan sama dengan Ijazah. Baik itu anak-anak atau orang dewasa.



"Begitu juga Dinas Pendidikan, akan buka posko tuk layanan dokumen pendidikan bagi ijazahnya, baik orangtua maupun anak juga hilang, bisa langsung melakukan pengaduan ke kami dan kita akan proses. Iya dijamin Insya Allah," tuturnya.

Asalkan, tambah Budi, mereka mengadukannya ke pos Dinas Pendidikan Jakarta yang juga dibangun di posko pengungsian. Cukup datang ke posko dan memberitahukan asal sekolah dan namanya, atau jika masih ada dokumen pendukung identitas, seperti KTP bisa disertakan pula.

"Ijazah yang terbakar mereka sertakan kalau mungkin memang masih ada, atau dokumen soft copy ada bisa juga, atau jika tak ada (karena ludes semua terbakar hingga tak bersisa) cukup dengan mengutarakan mereka sekolah dimana dan namanya, mungkin (jika juga memang masih ada) KTP, nanti langsung kami cek didata sekolah mana saja nah kita akan proses," katanya.

Sejauh ini, tambahnya, sudah ada warga yang mengadukan soal dokumen kependudukan padanya meski dia masih merincikan jumlahnya. Lalu, ada pula warga yang telah diberikan ganti atas dokumen kependudukannya yang hangus terbakar meski jumlahnya masih beberapa.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)