PSBB Diterapkan, Kedatangan Bus dan Penumpang di Terminal Pulogebang Menurun

Kamis, 16 April 2020 - 09:28 WIB
loading...
PSBB Diterapkan, Kedatangan Bus dan Penumpang di Terminal Pulogebang Menurun
Terminal Terpadu Pulogebang di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Satu pekan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta jumlah bus dan penumpang di Terminal Terpadu Pulogebang menurun. Jadwal keberangkatan dan kedatangan bus juga diperketat sejak Jumat 10 April 2020.

Kasatpel Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang, Afif Muhroji mengatakan, selama PSBB berlangsung proses pemantauan kepada para penumpang serta keberangkatan dan kedatangan bus rutin dilakukan oleh petugas gabungan.

"Dinas Perhubungan DKI Jakarta, TNI-Polri mengecek langsung para penumpang serta terhadap bus yang berangkat dan datang di Terminal Terpadu Pulogebang," ujar Afif saat dihubungi SINDOnews, Kamis (16/4/2020). (Baca juga: PSBB, Warung Makan Tak Boleh Layanan Pembeli Makan di Tempat )

Penurunan jumlah penumpang sangat terlihat dan dirasakan oleh para pengeola jasa transportasi bus di Terminal Terpadu Pulogebang. Menurut Afif, rata-rata jumlah penumpang pada weekday bisa mencapai 2.000-3000 orang per hari. Kemudian pada weekend mencapai 5.000-6.000 penumpang per hari.

"Bus dan penumpang mengalami penurunan jumlah, situasi masif kondusif. Saat ini semenjak wabah Covid-19 dan penerapan PSBB, dalam satu bulan per Maret 2020 jumlah penumpang hanya berkisar 70.747. Untuk keberangkatan dan kedatangan bus sendiri berkisar 7.527," kata Afif.

Lebih lanjut Afif menuturkan, selain melalukan pemantauan terhadap keberangkatan dan kedatangan Bus, pihaknya pun melakukan protokoler kesehatan dengan cara mengecek suhu tubuh kepada para penumpang di Terminal Terpadu Pulogebang dan mewajibkan penumpang untuk memakai masker.

"Kami lakukan pengecekan suhu untuk penumpang yang akan berangkat maupun datang, kemudian wajib memakai masker serta sebelum masuk terminal dihimbau untuk cuci tangan dengan sabun diwastafel yang sudah disediakan," ujarnya. (Baca juga: Pemberlakuan PSBB di Bodebek, Mobilitas Warga Masih Tetap Ramai )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)