Ketua KNKT: Pesawat PK-IFP Jatuh di BSD usai Survei ke Tanjung Lesung

Senin, 20 Mei 2024 - 07:17 WIB
loading...
Ketua KNKT: Pesawat...
Pesawat latih dengan nomor PK-IFP 172 yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Tangerang, Banten baru saja melakukan survei ke Tanjung Lesung Banten. Foto/SINDOnews/isra triansyah
A A A
JAKARTA - Pesawat latih dengan nomor PK-IFP 172 yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Tangerang, Banten baru saja melakukan survei ke Tanjung Lesung Banten.

"Di Tanjung Lesung itu dia survei ke sana, mereka bikin semacam landasan lendek di sana. Dia survei, mau ada acara di Tanjung Lesung Minggu depan di bulan ini," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, Senin (20/5/2024).

Menurut Sorjanto, pesawat latih tidak diperuntukkan untuk umum melainkan hanya digunakan untuk kepentingan club yakni Indonesia Flying Club. "Tergantung penggunaannya, bisa untuk pesawat latih. Ini memang semacam club, jadi memang tidak diperuntukkan untuk umum. Tapi, untuk kepentingan club mereka sendiri," ucapnya.



KNKT menegaskan pesawat latih tidak dicarter. Karena pesawat tersebut memang bukan untuk publik. "Ini bukan untuk publik, jadi dipakai oleh kalangan club sendiri jadi non komersil atau tidak berbayar,"ucapnya.

Sebelumnya, proses evakuasi puing pesawat dilakukan dengan menggunakan mobil crane, truk derek milik Ditlantas Polda Metro Jaya, dan satu truk berukuran besar. Bagian-bagian pesawat, seperti badan pesawat, ekor pesawat, dan sayap, diangkut secara terpisah dan ditutup dengan terpal untuk menjaga barang bukti.



Pemindahan puing pesawat ke Pondok Cabe bertujuan untuk memudahkan proses investigasi yang dilakukan oleh KNKT. Di sana, tim KNKT akan meneliti dan menganalisis semua bagian pesawat untuk mencari tahu penyebab kecelakaan.

Pesawat sebelumnya lepas landas dari Bandara Tanjung Lesung, Banten pukul 13.00 WIB. Pesawat itu akan menuju Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)