Satpol PP Disiplinkan Masyarakat, Anies: Sapa Mereka dengan Hati, Tegur dengan Hati

Jum'at, 16 Juli 2021 - 06:51 WIB
loading...
Satpol PP Disiplinkan Masyarakat, Anies: Sapa Mereka dengan Hati, Tegur dengan Hati
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menggelar Apel Virtual dengan jajarannya di Pemprov DKI Jakarta. Foto: @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Aksi Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) dalam mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 patut mendapatkan perhatian. Karena, sejak Pembetasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) hinggga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat seperti sekarang Satpol PP tetap konsisten mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah itu.

“Sejak masa PSBB hingga sekarang PPKM Darurat, Satpol PP DKI Jakarta berperan besar dalam mendisiplinkan masyarakat dan menegakkan aturan protokol kesehatan 5M,” ujar Anies dalam akun Instagram-nya @aniesbaswedan, Jumat (16/7/2021).

Satpol PP, menurut Anies, merupakan perwakilan Pemerintah yang setiap hari bertemu langsung dengan masyarakat di lapangan. Tentu, tambah Anies, itu bukan tantangan yang sederhana.

“Pada Apel Virtual hari ini kami sampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Satpol PP DKI Jakarta yang telah menjalankan tugas dan amanat dengan baik. Terima kasih telah menunjukkan bahwa Satpol PP DKI Jakarta adalah petugas yang beradab dan menjunjung tinggi etika,” tutur Anies.

Saat menghadapi masyarakat, Anies berpesan, anggota Satpol PP dilarang berprilaku arogansi. Karena, kata dia, saat anggota memakai seragam Satpol PP berarti bertindak atas nama negara.

“Pesan pada semua: Ketika Anda memakai seragam Satpol PP berarti bertindak atas nama negara. Pastikan proses pendisiplinan berjalan dengan tegas, tidak pandang bulu, dan tetap beradab, jaga marwah Satpol PP.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat saat ini berbeda dengan keserakahan. Menurutnya, mereka yang melanggar PSBB ataupun PPKM Darurat bukanlah orang yang sedang berbuat kriminal.

“Saat ini rakyat kebanyakan sedang dalam kondisi sulit, Ibu/Bapak akan menemui orang-orang yang melanggar karena kebutuhan. Itu beda dengan orang-orang yg melanggar karena keserakahan,” katanya.

Maka dari itu, Anies menyarankan, agar Satpol PP menegur masyarakat secara baik. Jangan mengedepankan arogansi untuk menertibkan atau menegur mereka.

“Sapa mereka dengan hati, tegur dengan hati, perlakukan mereka sebagai saudara sendiri yg sedang dalam kondisi sulit. Tetap tegakkan disiplin dengan rasa hormat dan rasa kasih,” seru Anies.

Anies juga tidak lupa mengingatkan jajarannya untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Selamat bertugas, jaga stamina, perjalanan kita masih panjang,” tegasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3094 seconds (0.1#10.140)