Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Permukiman Penduduk Jakarta Belum Maksimal

Senin, 21 September 2020 - 19:20 WIB
loading...
Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Permukiman Penduduk Jakarta Belum Maksimal
Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19 . Sayangnya, pendisplinan tersebut belum maksimal diterapkan di komunitas masyarakat, khususnya permukiman padat penduduk.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta , Yuke Yurike mengakui masih banyaknya warga yang cuek akan penerapan protokol kesehatan di tengah pemberlakuan PSBB ketat. Padahal, kepatuhan pada protokol kesehatan memberikan dampak besar terhadap penyebaran kasus Covid-19 di Ibu Kota."Pemprov DKI Jakarta harus melibatkan RT/RW untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19," kata Yuke Yurike saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Yuke menjelaskan, PSBB ketat yang dilakukan tanpa melibatkan peran serta masyarakat dan hanya dilakukan di area publik, perkantoran, jalan dan restoran akan terbilang percuma. Politisi PDI Perjuangan itu pun meminta agar Pemprov DKI Jakarta segera melibatkan seluruh tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan dan mengawasi protokol kesehatan Covid-19 di pemukiman penduduk."Harus digencarkan sosialisasi dan edukasinya. Minimal oleh RT/RW," ujarnya.

Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin enggan berkomentar terkait tidak adanya pelibatan RT/RW untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di permukiman penduduk. Dia hanya memastikan bahwa Operasi Yustisi yang dilakukan antara Pemprov DKI Jakarta bersama dengan TNI-Polri terus digencarkan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. (Baca: Yani: Sekarang Bukan Soal Denda atau Sanksi, tapi Lebih Penting Menyelamatkan Jiwa)

"Operasi secara gencar dan masif terus menerus akan kami lakukan, apalagi sekarang ada dukungan cukup secara agresif dari rekan-rekan kami di kepolisian dan TNI," tegasnya. Dengan semakin gencarnya operasi yustisi yang dilakukan, Arifin melanjutkan, ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov DKI dalam menegakkan aturan.

Dia pun berharap, masyarakat bisa makin sadar dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. "Mudah-mudahan dengan keterpaduan dan ketegasan di lapangan ini semakin terus mendisiplinkan masyarakat dan mereka semakin patuh untuk menjalankan protokol kesehatan dalam rangka memberikan keselamatan kepada warga," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)