Membedah Kekuatan Petarung Pilkada Tangsel

Sabtu, 05 September 2020 - 22:05 WIB
loading...
Membedah Kekuatan Petarung Pilkada Tangsel
Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG SELATAN - Para petarung Pilkada Kota Tangsel 2020 telah mendaftar ke KPUD setempat.

Tiga pasangan kontestan yakni Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan yang diusung Partai Golkar (10 kursi), PPP, PBB, Partai Gelora (nonparlemen); Siti Nur Azizah-Ruhamaben diusung Partai Demokrat (5), PKS (8), PKB (4); serta Muhamad-Rahayu Saraswati diusung PDIP (8), Partai Gerindra (8), PSI (4), PAN (2), Hanura (1), Partai Perindo (nonparlemen), NasDem (nonparlemen), Partai Garuda (nonparlemen).

Berikut ini analisa SINDOnews berdasarkan hitung-hitungan kursi partai pengusung pasangan calon di DPRD Tangsel , Sabtu (5/9/2020). (Baca juga: Dampingi Benyamin Davnie ke KPUD Tangsel, Airin: Prestasi Ini Harus Dilanjutkan)

Jika melihat komposisi partai pengusung pasangan calon di parlemen tergambar Muhamad-Rahayu Saraswati lebih unggul dibandingkan pasangan lain. Jumlah kursi gabungan PDIP, Gerindra, PSI, PAN, Hanura sebanyak 23 kursi cukup mumpuni di legislatif nantinya jika terpilih. Tinggal mesin partai dan simpatisan yang harus bergerak masif di lapangan demi merebut hati rakyat.

Sosok Muhamad dan Saraswati juga harus sering ditonjolkan mengingat Pilkada Tangsel ini bagaimana pun juga memilih figur, popularitas, dan leadership. Diketahui, Muhamad sudah puluhan tahun berkarier di ASN dan terakhir menjabat Sekda Tangsel. Sedangkan, Saraswati dikenal sebagai keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Baca juga: Pilkada Tangsel, Perindo Deklarasi Dukung Muhamad-Saraswati)

Kemudian, Siti Nur Azizah-Ruhamaben diusung parpol dengan jumlah kursi sebanyak 17 kursi di parlemen yakni Partai Demokrat, PKS, PKB. Soliditas dan gerakan simpatisan PKS menjadi kunci meraih hasil maksimal untuk memenangkan pasangan ini. Siti Nur Azizah dikenal putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ruhamaben adalah Direktur Keuangan PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) yang juga kader PKS. (Baca juga: Daftar Pilkada Tangsel, Azizah-Ruhamaben Potong Tumpeng)

Pasangan lainnya yakni Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan yang diusung Partai Golkar, PPP, PBB, Partai Gelora. Golkar sebagai pemenang pemilihan legislatif di Tangsel tentu memiliki kekuatan politis dan basis massa. Nah, partai lainnya seperti PPP dan PBB juga harus mendukung habis-habisan demi memenangkan Benyamin yang dikenal Wakil Wali Kota Tangsel atau petahana.

Kelebihan lainnya yaitu dukungan penuh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dimana wakil Benyamin yakni Pilar Saga Ichsan juga dikenal keponakan Airin. Pilar adalah anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Airin tentu berkepentingan wakilnya dan ponakannya melanjutkan kepemimpinannya di Tangsel. (Baca juga: Kunjungi Korban Peremasan Payudara, Saraswati: Saya Siap Dampingi Proses Hukum)
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)