Petugas Gabungan Tertibkan Kandang Unggas di Taman Jati Pinggi Petamburan

Kamis, 25 April 2024 - 22:44 WIB
loading...
Petugas Gabungan Tertibkan Kandang Unggas di Taman Jati Pinggi Petamburan
Satpol PP Jakarta Pusat bersama petugas gabungan lainnya melakukan penertiban di Taman Jati Pinggi, Petamburan, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2024). FOTO/MPI/GIFFAR RIVANA
A A A
JAKARTA - Satpol PP Jakarta Pusat bersama petugas gabungan lainnya melakukan penertiban di Taman Jati Pinggi , Petamburan, Jakarta Pusat. Penertiban tersebut masuk pada tahap awal, yakni pembersihan kawasan taman dari barang rongsokan dan kandang unggas.

Lurah Petamburan, Rian Hermanu mengatakan, kegiatan penertiban ini dilakukan menindaklanjuti aduan warga sekitar. "Ada oknum warga yang memanfaatkan untuk menempatkan barang rongsok dan kandang unggas. Seharusnya tidak boleh," kata Rian kepada wartawan di lokasi penertiban, Kamis (25/4/2024).

Rian menjelaskan, pemanfaatan lahan taman itu melanggar Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Selain mengakibatkan lingkungan jadi kumuh, okupasi lahan yang dilakukan oknum warga juga menggangu fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang selama ini dimanfaatkan sebagai sarana interaksi sosial publik.



Menurut Rian, selama ini jajarannya telah rutin melakukan pembersihan kawasan tersebut. Namun karena kesadaran sejumlah oknum warga yang minim, lokasi masih kerap dijadikan tempat menimbun barang bekas dan kandang unggas.

Ke depan, Rian mengaku akan berkordinasi dan meminta jajaran RW setempat untuk mengedukasi warga agar tidak mengokupasi lahan jalur hijau di bantaran Banjir Kanak Barat (BKB) tersebut. Dijelaskannya, di sepanjang jalur hijau bersentuhan dengan RW 01, 03, 04 dan RW 09 Kelurahan Petamburan.

"Mengenai kerusakan fasilitas, kita akan koordinasikan dengan UKPD terkait untuk perbaikan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota Jakarta Pusat diminta menata Taman Jati Pinggir Petamburan. Sebab, taman yang berada di pinggir Kali Banjir Kanal Barat itu memprihatinkan karena tidak terurus.

Seperti disampaikan Ramli, 39, warga sekitar Petamburan. Dia menyampaikan kondisi taman semakin tidak terawat. Seperti area permainan anak-anak banyak yang berkarat dan berlubang.

"Salah satu permainan anak-anak ini saja bisa dilihat, berkarat, dan bolong," kata Ramli kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)