alexametrics

Pentingnya Figur Ayah Mencegah Anak Berbuat Kriminalitas

loading...
Pentingnya Figur Ayah Mencegah Anak Berbuat Kriminalitas
Pelajar anggota geng motor yang diamankan Polres Metro Jakarta Barat. Foto/Yan Yusuf/KORAN SINDO
A+ A-
JAKARTA - Maraknya remaja yang terjerumus dalam kelompok motor yang berujung pada aksi kriminalitas dinilai akibat adanya gangguan perilaku pada si anak. Remaja punya kecenderungan melakukan kekerasan kemungkinan juga berhubungan dengan kualitas otak.

Psikolog Kasandra Putranto mengatakan, gangguan perilaku pada masa remaja dapat disebabkan berbagai faktor. Satu satu faktor paling dominan adalah peran keluarga, terutama figur seorang ayah.

"Banyak kasus masalah perilaku remaja disebabkan karena tidak ada figur ayah yang memberikan nilai-nilai pembentukan konsep diri," ujarnya kepada SINDOnews, Selasa (19/2/2019). (Baca juga: Pelajar di Jakbar Terindikasi Jadi Geng Motor Sadis)



Menurut dia, faktor remaja punya kecenderungan melakukan kekerasan juga berhubungan dengan kualitas otak. Saat fungsi sistem dalam otak bernama amygdala terganggu, maka si anak tidak mampu mengendalikan diri sehingga ia memilih memecahkan masalah dengan cara kekerasan. (Baca juga: Terlibat Perampokan dan Pembunuhan, Polres Jakbar Tahan 25 Anak Remaja)

Maka itu, guna mengantisipasi remaja terjerumus ke hal-hal negatif, seperti masuk geng motor dan melakukan aksi kekerasan serta kriminalitas lainnya, keluarga memiliki peranan penting untuk memberikan nilai-nilai pembentukan konsep diri. (Baca juga: Orang Tua Diminta Perhatikan Perilaku Anak untuk Antisipasi Kejahatan)

"Meningkatkan kemampuan parenting skill (kemampuan pengasuhan) pada orang tua merupakan hal utama. Pemerintah juga harus memberikan sarana prasarana belajar positif dan menyenangkan," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak