Terlibat Perampokan dan Pembunuhan, Polres Jakbar Tahan 25 Anak Remaja

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:42 WIB
Terlibat Perampokan dan Pembunuhan, Polres Jakbar Tahan 25 Anak Remaja
Terlibat Perampokan dan Pembunuhan, Polres Jakbar Tahan 25 Anak Remaja
A A A
JAKARTA - Aksi kejahatan yang melibatkan anak remaja di wilayah Polres Metro Jakarta Barat tergolong masih cukup memprihatinkan. Mereka banyak terlibat aksi perampokan dan pembunuhan.

Kuat dugaan, aksi para remaja dipicu narkoba dan obat daftar G. Ditambah lagi tanpa perhatian orang tua, anak-anak kian beringas dan menjadi pelaku kejahatan.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi, mengatakan, selama kurun waktu 2019 yang belum genap dua bulan, pihaknya mencatat sudah 25 anak remaja yang menjadi tersangka sejumlah kasus, seperti tawuran, perampokan, hingga pembunuhan .

Para remaja ini terjerumus dalam aksi kejahatan umumnya dipicu narkoba . Menurut Hengki, sekitar 80 persen pelaku kejahatan anak ini mengonsumsi narkoba. Artinya, perilaku menyimpang terhadap anak remaja diduga kuat dari konsumsi narkoba yang dilakukan. (Baca juga: Warga Gagalkan Aksi Ranmor Bersenpi di Tambora)

Di sisi lain, tanpa filterisasi kemajuan teknologi membuat anak-anak kian beringas. Pencarian jati diri dilakukan dengan menjadi kelompok geng motor. Mereka kemudian melakukan tawuran sembari melakukan live medsos untuk kesombongannya.

“Apalagi konsumsi narkoba memicu seseorang menjadi tidak empati,” ujar Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).

Di sisi lain, penahanan ternyata tidak memberikan efek jera kepada si anak. Penahanan malah membuat anak menjadi bangga, lebih berani, karena mereka akan lebih dikenal dan ditakuti oleh teman-temannya. Regenerasi penjahat pun terjadi.

“Beberapa kasus, anak sempat di penjara. Tapi itu tak membuat mereka jera. Mereka malam makin beringas. Ini yang berbeda ketika kami menangani residivis, begitu kena hukuman lebih berat bakal dikenakan,” pungkas Hengki.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6884 seconds (0.1#10.140)