Peringati Hari Perempuan Internasional, Kepala Imigrasi Jaksel Dukung Kesetaraan Gender

Jum'at, 08 Maret 2024 - 23:03 WIB
loading...
Peringati Hari Perempuan Internasional, Kepala Imigrasi Jaksel Dukung Kesetaraan Gender
Memperingati Hari Perempuan Internasional, Kepala Kantor Imigrasi Non TPI Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna mendukung kesetaraan gender. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Memperingati HariPerempuan Internasional, Kepala Kantor Imigrasi Non TPI Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna mendukung kesetaraan gender. Saat ini, wanita memiliki peran maksimal dalam pembangunan.

“Harapan saya di HariPerempuan Internasional bahwa isu kesetaraan gender bukanlah penghalang untuk perempuan terus berkiprah dan mengambil perannya secara maksimal. Teruslah menjadi inspirasi yang memancarkan energi positif di mana pun berada tanpa menanggalkan jati diri seorang perempuan yang bermartabat,” ujar Sengky merefleksikan dirinya dalam HariPerempuan Internasional (IWD) yang jatuh pada hari ini, Jumat (8/3/2024).

"Dalam bekerja saya melakukan sepenuh hati. Mempelajari permasalahan dan melakukan solusinya," tambahnya.



Terbukti jebolan pendidikan kedinasan Akademi Imigrasi Angkatan V 2003 ini mendapatkan sejumlah penghargaan bagi instansinya yakni Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2022, Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang diberikan Kemenpan RB.

Selain itu instansinya juga pernah mendapatkan predikat Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM dalam rangkaian peringatan Hari HAM Sedunia yang ke-75 tahun 2023 dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori A Kualitas Tertinggi dari Kemenkumham.

Sepak terjang Sengky dalam berinovasi terlihat ketika menjabat Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat. Dia membuka pelayanan yang membantu masyarakat, mulai dari pelayanan di pusat perbelanjaan/mal, universitas, hingga membuka pelayanan di hari libur.

Capaian itu kemudian mengangkatnya sebagai Kepala Kantor Imigrasi Tangerang yang diembannya saat pandemi Covid-19. Di masa inilah Sengky dituntut inovatif lantaran batasan mobilitas demi mengurangi penyebaran virus.

Wanita kelahiran Salatiga ini lalu menciptakan aplikasi "Si Thanos" yang membantu pelayanan orang asing secara online melalui website sehingga mobilitas di kantor pun dapat dibatasi.

Kariernya di Direktorat Jenderal Imigrasi semakin menanjak dan dipercaya. Pada tahun 2022 di usianya yang terbilang cukup muda (42 tahun) dia diberikan amanah sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan.

"Saya terus berkomitmen menjadi sosok pemimpin yang memiliki ketegasan, kedisiplinan, mengayomi baik kepada petugas atau masyarakat, tidak ragu ikut turun langsung dalam pelaksanaan tugas," kata Sengky.

Capaian terbaiknya saat itu mampu memecahkan rekor muri pada 2023 sebanyak 1.000 paspor satu hari di Car Free Day/CFD. Hal sama juga dia lakukan dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74 tahun 2024 untuk memberikan layanan serupa sebanyak 1.074 paspor.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)