Kawasan Bundaran HI, Gatot Subroto, hingga Simpang Susun Semanggi Bersih dari APK

Minggu, 11 Februari 2024 - 08:34 WIB
loading...
Kawasan Bundaran HI, Gatot Subroto, hingga Simpang Susun Semanggi Bersih dari APK
Car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) ditiadakan pada Minggu 11 Februari 2024 karena memasuki masa tenang kampanye Pemilu 2024. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) ditiadakan pada Minggu 11 Februari 2024 karena memasuki masa tenang kampanye Pemilu 2024. Di kawasan ini juga sudah bersih dari alat peraga kampanye (APK) , Minggu (11/2/2024).

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lapangan, masyarakat tetap berolahraga di sekitaran Bundaran HI meskipun berdampingan dengan pengendara kendaraan bermotor.

Biasanya, sejak pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB, warga akan tumpah ruah di sekitaran Bundaran HI dan Sudirman-Thamrin untuk berolahraga. Tidak sedikit dari mereka juga mengajak keluarganya untuk sekedar jalan santai hingga bersepeda.

Namun, karena peniadaan CFD atau HBKB yang bersifat sementara selama masa tenang kampanye pemilu 2024, jumlah masyarakat yang berolahraga jauh lebih sedikit dari biasanya.



Masyarakat lebih banyak memilih olahraga lari hingga jalan santai, karena bisa memanfaatkan pedestrian atau trotoar. Sedangkan, hanya sedikit dari mereka yang berolahraga menggunakan sepeda.

Adapun dasar peniadaan CFD ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilihan Umum. Peniadaan ini juga merujuk pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Sedangkan pantauan MNC Portal Indonesia dari arah Tugu Pancoran hingga simpang susun Semanggi sudah tidak terlihat alat peraga kampanye.

Begitupun di sejumlah titik vital seperti simpang Tendean, Flyover Kuningan, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), Simpang Susun Semanggi, hingga Flyover Gerbang Pemuda sudah tidak terlihat APK baik itu bendera, baliho, hingga spanduk partai politik maupun Capres-Cawapres.

Masih terlihat sejumlah bendera partai politik seperti di pelang penunjuk Jalan di Simpang Susun Semanggi maupun sekitaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tepatnya di Jalan Gerbang Pemuda.

Sementara itu, APK di Flyover Gerbang Pemuda mengarah ke Gatot Subroto-Pancoran sudah bersih. Hanya saja bambu bekas APK masih terlihat di pinggir jalan Flyover tersebut.

Sebagai informasi, jadwal Kampanye Pemilu 2024 telah berakhir pada Sabtu (10/2/2024). Setelah itu, seluruh kegiatan akan dilanjutkan dengan masa tenang pada 11-13 Februari yang kemudian di tanggal 14 Februari adalah hari pemilihan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa tenang H-3 menjelang pencoblosan Pemilu Serentak 2024 mendatang mulai Minggu (11/2/2024).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)