Tingkatkan SDM, PAM Jaya Bangun Corporate Learning Center Berteknologi Canggih

Minggu, 24 Desember 2023 - 19:48 WIB
loading...
Tingkatkan SDM, PAM Jaya Bangun Corporate Learning Center Berteknologi Canggih
Perumda PAM Jaya membangun Corporate Learning Center (Pusat Pembelajaraan Perusahaan) di Buaran Project Office (BPO) Inslatasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Perumda PAM Jaya membangun Corporate Learning Center (Pusat Pembelajaraan Perusahaan) di Buaran Project Office (BPO) Inslatasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Jalan Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kehadiran fasilitas ini diyakini mengasah pengetahuan dan keterampilan calon pegawai maupun pegawai perseroan tersebut.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pusat pembelajaran ini untuk mendukung langkah perseroan yang baru mengambil alih pengelolaan secara utuh sejak Februari 2023. Selama 25 tahun terakhir, pengelolaan air di Ibu Kota dikuasai dua mitra operator swasta yakni PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) dan PT Aetra Air Jakarta.

“PAM Jaya baru beroperasi secara mandiri sejak 2 Februari 2023. Banyak sekali yang harus kami siapkan. Salah satunya adalah pilar sumber daya manusia,” ujar Arief, Minggu (24/12/2023).



Dia menyadari tantangan yang dihadapi perseroan setelah mengambil alih pengelolaan air di Jakarta tidaklah sederhana. PAM Jaya berencana membangun sambungan baru hingga ditargetkan pada 2030 mendatang layanan air perpipaan bisa mencapai 100 persen.

“Tantangan yang dihadapi PAM Jaya tidak sedikit, cukup banyak karena akan menyambung 7.000 kilometer (pipa baru), project NRW (non revenue water atau kebocoran air) sepanjang 12.000 kilometer yang memang pipanya sudah berusia cukup tua serta pembangunan regional yang saat ini sedang dibangun Kementerian PUPR,” katanya.

Menurut dia, pembangunan Corporate Learning Center merupakan bagian menunjang kegiatan operasional PAM Jaya. Pihaknya harus mengalirkan air bersih ke rumah-rumah warga yang saat realisasi air perpipaan baru mencapai 67 persen.

“Ada penambahan sekitar 14.000 sambungan baru di tahun 2023, walaupun ini belum sesuai harapan. Karena ini banyak aturan, banyak hal-hal yang harus kami benahi, kami harus simplify (menyederhanakan) proses-proses birokrasi di internal kami,” ungkapnya.

Arief menjelaskan PAM Jaya Corporate Learning Center memiliki luas sekitar 12.000 meter persegi. Fasilitas ini didirikan menggunakan gedung yang sudah ada di mana sebelumnya ruang-ruang kerja pegawai.

Penataan ulang terhadap ruangan kerja yang ada menjadi enam ruang pelatihan sehingga diharapkan mampu menjadi tempat dilaksanakannya training secara bersamaan berkapasitas besar. Fasilitas ini merupakan pusat pembelajaran korporat yang didukung dengan teknologi multimedia canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)