Gelar Khitanan Massal, DWP PAM Jaya juga Edukasi Air Bersih untuk Anak-anak Jakarta

Minggu, 17 Desember 2023 - 06:54 WIB
loading...
Gelar Khitanan Massal, DWP PAM Jaya juga Edukasi Air Bersih untuk Anak-anak Jakarta
Dharma Wanita Persatuan (DWP) PAM Jaya menyelenggarakan Khitanan Massal sekaligus mengedukasi penggunaan air bersih kepada ratusan anak-anak sekolah di Jakarta. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - PAM Jaya melalui Dharma Wanita Persatuan (DWP) PAM Jaya menyelenggarakan Khitanan Massal sekaligus mengedukasi penggunaan air bersih kepada ratusan anak-anak sekolah di Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta Mirdiyanti Heru Budi Hartono dan Ketua TP PKK Jakarta Timur Diah Anwar.

Khitanan missal gratis digelar di Kelurahan Pondok Kopi, Ujung Menteng, dan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Terdapat 162 anak laki-laki usia sekolah yang mengikuti Khitanan Massal di 3 kelurahan tersebut.



"Ada sisi sosial yang harus kita lakukan, salah satunya Khitanan Massal ini. Kita juga memberikan edukasi ke anak-anak terkait penggunaan air bersih karena mendapatkan air bersih di Jakarta tidak mudah. Sumber air bersih di Jakarta bergantung kepada luar Jakarta. Maka memanfaatkan air bersih di Jakarta harus lebih baik lagi, lebih hemat lagi," ujar Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin di RPTRA Pondok Kopi, Jakarta Timur, Jumat (15/12/2023).

Ketua DWP PAM Jaya Lya Arief mengatakan, Khitanan Massal DWP PAM Jaya melibatkan 162 anak yang tersebar di tiga kelurahan. Para peserta Khitanan Massal mendapatkan uang saku, peralatan sekolah, sarung, serta kaus.

Dalam kegiatan ini, Dharma Wanita PAM Jaya juga memberikan pendampingan dan penyuluhan terkait pentingnya menjaga kesehatan serta higiene pribadi setelah menjalani khitan. Hal ini bertujuan agar anak-anak yang menjalani khitanan dapat merawat lukanya dengan baik dan meminimalkan risiko infeksi.

"Kebahagiaan warga Jakarta Timur juga terus diupayakan PAM Jaya melalui upaya penyediaan air perpipaan," katanya.

PAM Jaya sebagai penyedia air perpipaan di Jakarta didukung penuh oleh pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk mencapai target 100 persen cakupan pelayanan pada 2030.

"Salah satu SPAM yang dibangun adalah SPAM Regional Jatiluhur 1 yang meliputi 6 kelurahan yakni Pondok Kopi, Cilincing, Rorotan, Cakung Barat, Cakung Timur, dan Ujung Menteng," ungkapnya.

Di Jakarta Timur, PAM Jaya menargetkan 19.442 sambungan baru melalui program SPAM Regional Jatiluhur 1. Seperti halnya khitan, penyediaan air yang terjamin secara kualitas juga penting bagi kesehatan.

Sebagai informasi tambahan, setiap tetes air yang diproduksi PAM Jaya memenuhi standar Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Intervensi penyediaan air minum, sanitasi yang layak serta perubahan perilaku berkontribusi 70 persen dalam pencegahan stunting.

“Alhamdulillah mengingat betapa banyaknya manfaat berkhitan, maka kegiatan khitan massal gratis ini semoga meringankan beban dan menjadi kebahagiaan warga Kelurahan Pondok Kopi, Ujung Menteng, dan Pulo Gebang," ujar Lya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)