Pemkab Luncurkan Kartu Bogor Cerdas, 28.060 Siswa SD dan SMP Dapat Bantuan Pendidikan

Rabu, 06 Desember 2023 - 12:07 WIB
loading...
Pemkab Luncurkan Kartu Bogor Cerdas, 28.060 Siswa SD dan SMP Dapat Bantuan Pendidikan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meluncurkan Kartu Bogor Cerdas (Bodas). Kartu ini akan dibagikan kepada 28.060 siswa SD dan SMP. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meluncurkan Kartu Bogor Cerdas (Bodas). Kartu ini akan dibagikan kepada 28.060 siswa SD dan SMP.

"Alhamdulillah, hari ini bisa kita wujudkan, kita kembali luncurkan Kartu Bogor Cerdas di tahun 2023, yang merupakan bantuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar," ujar Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam keterangannya, Rabu (6/12/2023).

Kata dia, kartu ini diperuntukan bagi siswa yang tidak mampu. Penerima harus terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan belum terlayani Program Indonesia Pintar.

"Kalau di tingkat nasional ada yang namanya Kartu Indonesia Pintar, di Kabupaten Bogor ada Kartu Bogor Cerdas yang anggarannya dari APBD," ungkapnya.



Program ini, lanjut dia, merupakan kebijakan yang membuktikan keberpihakan Pemkab Bogor kepada peningkatan mutu pendidikan. Diharapkan program ini akan terus berjalan dan memeberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Jika Kartu Bogor Cerdas dijalankan dengan baik di Kabupaten Bogor, Insya Allah dapat meningkatkan capaian rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bogor. Serta tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia. Demi mewujudkan Karsa Bogor Cerdas dan cita-cita Indonesia Emas," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor Juanda Dimansyah menjelaskan, total terdapat sebanyak 19.184 siswa SD dan 8.876 siswa SMP yang akan menerima bantuan pendidikan melalui Kartu Bogor Cerdas. Bantuan ini akan diterima siswa pada awal tahun ajaran baru.

"Siswa SD dengan bantuan sebesar Rp250 ribu per orang, dan siswa SMP dengan bantuan sebesar Rp300 ribu per orang," kata Juanda.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)