Belum Ada Perubahan, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Masih Tidak Sehat

Kamis, 31 Agustus 2023 - 10:10 WIB
loading...
Belum Ada Perubahan, Pagi Ini Kualitas Udara Jakarta Masih Tidak Sehat
Kualitas udara di Jakarta Kamis (31/8/2023) pagi masih menunjukkan dalam kategori tidak sehat. Foto/MPI/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kualitas udara di Jakarta Kamis (31/8/2023) pagi masih menunjukkan dalam kategori tidak sehat. Adapun per pukul 08.41 WIB, kualitas udara Jakarta berada di peringkat pertama terburuk di dunia.

Dilansir dari laman pengukuran kualitas udara IQAir, indeks kualitas udara di DKI Jakarta tercatat di angka 180, berada di atas kota Dhaka, Bangladesh dengan indeks 172.

Adapun kosentrasi polutan tertinggi dalam udara di Jakarta hari ini PM 2.5 dengan nilai konsentrasi 110.8 mikogram per meter kubik. Sementara, konsentrasi tersebut sebesar 22.2 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Berdasarkan data di atas, artinya kualitas udara di Jakarta masih belum ada perubahan meskipun Pemprov DKI telah melakukan upaya-upaya seperti penyemprotan jalan dengan water cannon, uji emisi hingga kebijakan work from home (WFH) untuk sebagian aparatur sipil negara (ASN).


Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyemprotkan jalan protokol Ibu Kota dengan air penyulingan dari Instalasi Penyulingan Air Limbah (IPAL). Penyemprotan jalan ini untuk menekan suhu panas dan kualitas udara yang memburuk.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, penyemprotan terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi I pukul 10.00 WIB dan sesi II pukul 14.00 WIB.

"Medan Merdeka Barat (Silang Monas Barat Laut) sampai dengan Patung Pemuda; Patung Pemuda sampai dengan Medan Merdeka Barat (Silang Monas Barat Laut); Slipi (Peninsula) sampai dengan Cawang (UKI); dan Cawang (UKI) sampai dengan Slipi (Peninsula)," kata Satriadi dalam keterangannya, Sabtu (26/8/2023).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)