Dokter Pastikan Air Kemasan Galon Guna Ulang Aman untuk Janin

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 21:13 WIB
loading...
Dokter Pastikan Air Kemasan Galon Guna Ulang Aman untuk Janin
Dokter spesialis kandungan memastikan air minum kemasan galon isi ulang tidak membahayakan kesehatan janin. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis kandungan memastikan air minum kemasan galon isi ulang tidak membahayakan kesehatan janin. Air galon isi ulang justru sangat baik untuk perkembangan kesehatan janin karena mengandung mineral-mineral yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Kebidanan dan Kandungan dr Muh Natsir Nugroho mengatakan, janin dalam rahim ibu hamil membutuhkan makanan yang seimbang baik protein, karbohidrat, dan lemak agar perkembangannya menjadi sehat. Kemudian dari minumnya juga harus terjaga betul.

“Kalau mau minum jangan minuman mentah tapi minum air yang sudah matang. Air yang terlalu tinggi iodiumnya juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena bisa mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan,” ujarnya, Jumat (4/8/2023).



Menurut Natsir, air minum yang paling aman untuk kesehatan janin adalah air minum dalam kemasan. Hal itu disebabkan air mineral kemasan itu rasanya sudah dikontrol oleh laboratorium pabrik dan laboratorium kesehatan.

“Jadi, yang mengatakan air minum kemasan galon isi ulang itu membahayakan kesehatan tidak benar sama sekali. Sejauh ini, belum ada kasus yang terjadi di masyarakat yang membenarkan hal itu,” ucapnya.

Selain faktor makanan dan minuman, yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan adalah faktor lingkungan yang tidak membuat sang ibu menjadi stres. Kemudian juga faktor kesehatan ibunya sendiri.

Dokter spesialis kandungan lainnya, dr M Alamsyah Aziz menuturkan sampai saat ini dirinya tidak pernah menemukan adanya gangguan terhadap janin karena ibunya meminum air kemasan galon isi ulang.

Dia mengimbau ibu hamil tidak khawatir menggunakan kemasan galon guna ulang. “Sampai saat ini saya tidak pernah menemukan terkait hal tersebut. Jadi, ibu-ibu hamil jangan khawatir untuk menggunakannya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan dokter spesialis kandungan dr Boyke Dian Nugraha. Hingga kini belum ada satu penelitian pun yang membuktikan bahaya penggunaan air minum galon isi ulang oleh ibu hamil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)