Dampak El Nino, Wilayah Utara Tangerang Mulai Dilanda Kekeringan

Sabtu, 22 Juli 2023 - 15:27 WIB
loading...
Dampak El Nino, Wilayah Utara Tangerang Mulai Dilanda Kekeringan
Kabupaten Tangerang bersiap mengantsipasi kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena El Nino. Saat ini dampak El Nino sudah mulai dirasakan di wilayah Utara. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Kabupaten Tangerang bersiap mengantsipasi kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena El Nino . Saat ini dampak El Nino sudah mulai dirasakan di wilayah Utara, dimana banyak sungai yang mengering.

"Kita sudah memetakan beberapa wilayah, khususnya di wilayah Utara Tangerang. Karena di sana, meski banyak anak sungai tapi sering terjadi kekeringan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat, Sabtu (22/7/2023).

Kata dia, pemetaan ini dilakukan untuk memudahkan BPBD Kabupaten Tangerang mengantisipasi sekaligus mendistribusikan bantuan bagi warga yang terdampak kekeringan.



"Untuk wilayah Utara Tangerang yang telah masuk dalam pemetaan terdampak El Nino itu di antaranya Kecamatan Teluknaga, Kronjo, Pakuhaji, Kosambi, Gunung Kaler, Kresek dan Rajeg," ungkapnya.

Dari beberapa wilayah tersebut, kata dia, secara umum kekeringan yang terjadi berdampak terhadap kebutuhan air bersih masyarakat. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menghemat air dan memanfaatkan hujan.

"Melalui gerakan panen air hujan serta menyiapkan tempat penampungan air cadangan yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan di masa puncak El Nino," ucapnya.



Dia juga mengingatkan agar nanti saat memasuki musim kemarau jangan sampai membakar sampah sembarangan, terutama di lahan kosong. Sebab hal itu bisa mengakibatkan kebakaran.

Dalam menghadapi puncak El Nino, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dan komunikasi bersama dengan instansi terkait, seperti Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), Palang Merah Indonesia (PMI), dan PDAM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)