RSCM Sebut Pria Obesitas 200 Kg asal Tangerang Meninggal karena Gagal Napas

Kamis, 20 Juli 2023 - 17:05 WIB
loading...
RSCM Sebut Pria Obesitas 200 Kg asal Tangerang Meninggal karena Gagal Napas
Cipto Raharjo (semasa hidup), pasien obesitas berbobot 200 kilogram asal Kota Tangerang yang meninggal dunia di RSCM Jakarta. Foto/ MPI/Dok
A A A
TANGERANG - Manajemen Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta menyatakan pasien obesitas berbobot 200 kilogram asal Kota Tangerang, Cipto Raharjo (45) meninggal dunia karena gagal napas. Cipto wafat pada Rabu, 19 Juli 2023 pukul 03.00 WIB.

Sub Koordinator Humas RSCM Jakarta Yani Astuti mengatakan, Cipto memiliki komplikasi setelah dilakukan triage kegawatdaruratan. Sehingga, Cipto membutuhkan perawatan dari profesi multidisiplin ilmu dan dilakukan perawatan lanjutan di ruang rawat inap Gedung A.

Cipto, lanjut Yani, menjalani perawatan intensif secara optimal selama kurang lebih 9 hari oleh tim multidisiplin yang terdiri atas dokter ahli perawatan intensif (intensivis), pulmonologi (paru), kardiovaskular (jantung), pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi medik, dan didukung oleh perawat serta berbagai tenaga kesehatan lainnya.

"Namun, Rabu kemarin Cipto Raharjo dinyatakan telah meninggal dunia sekitar pukul 02.32 WIB dikarenakan gagal napas," kata Yani dalam keterangannya, Kamis, (20/7/2023).

Menurut Yani, pemulasaran jenazah Cipto dilakukan secara muslim. Jenazah kemudian dikembalikan ke keluarga untuk dimakamkan.


Sebelumnya diberitakan, Cipto Raharjo pria obesitas 200 kilogram asal Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, meninggal dunia setelah dirawat di RSCM, Jakarta Pusat.

Pihak keluarga pun mengungkapkan kondisi Cipto terus menurun ketika dirawat di RSCM. Diketahui, Cipto sebelumnya dirawat di RSUD Kota Tangerang pada Selasa (4/7/2023) lalu dirujuk ke RSCM pada Selasa (11/7/2023).

"Semenjak dipindahkan ke RSCM kondisinya enggak membaik, jadi alatnya banyak jadi ketahuan semua penyakitnya," ujar kakak Cipto, Ristanto kepada MNC Portal Indonesia.

Dia mengatakan, Cipto mengalami komplikasi. Selain mengalami masalah pada kakinya, dari pemeriksaan, Cipto memiliki gangguan pada paru-paru, jantung, dan ginjal.

"Ada jantung, paru, ginjal, yang parah itu semalam paru. Napasnya itu sesak sebelum Magrib sadar sempet nelepon saya suruh ke sana," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)