Jababeka Movieland Diresmikan, Menparekraf Sandiaga: Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Sabtu, 08 Juli 2023 - 17:02 WIB
loading...
Jababeka Movieland Diresmikan, Menparekraf Sandiaga: Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja
Jababeka Movieland diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di kawasan Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (8/7/2023). Foto: MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - Jababeka Movieland diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di kawasan Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (8/7/2023). Sandiaga meyakni kehadiran Jababeka Movieland dapat membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru.

“Hari ini kita torehkan sejarah. Movieland Cikarangwood diresmikan," ujar Sandiaga. Peresmian Jababeka Movieland turut dihadiri Menteri Pariwisata Periode 2014-2019 Arief Yahya, serta Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenprekraf Rizki Handayani.

Kemudian Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi, Bidang Inovasi Prof Jony Haryanto, pejabat Pemprov Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi, perwakilan Persatuan Karyawan Film & Televisi Indonesia, perwakilan Indonesian Cinematographers Society, perwakilan Asosiasi Pelaku Suara Profesional Indonesia, perwakilan Indonesia Motion Picture Audio Association, perwakilan Indonesian Film Editors, serta sejumlah artis.



Menurut Sandiaga, pertumbuhan industri film akan membawa dampak positif bagi sektor-sektor terkait, seperti pariwisata, perhotelan, dan jasa pendukung lainnya. Ia meyakini Jababeka Movieland mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para pelakunya.

“Infrastruktur ini bukan hanya menekan ongkos produksi yang diperkirakan bisa mencapai 20 persen, tapi memudahkan perizinan, meningkatkan kesejahteraan, dan pendapatan para insan perfilman,” ucap Sandiaga.

“Mari dukung terus perfilman Indonesia untuk semakin berkembang dan berdaya saing hingga mampu mendunia dan menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi kekuatan perekonomian nasional,” sambungnya.

Sandiaga menyampaikan apresiasi kepada PT Jababeka yang telah membangun Jababeka Movieland demi meningkatkan industri film di Indonesia. Kata Sandiaga, pemerintah membutuhkan kerja sama lintas sektor, termasuk pihak swasta, dalam penyediaan tempat atau set untuk shooting.

“Jababeka sudah memulai pembangunan Movieland sejak 18 tahun yang lalu dan hari ini sudah lengkap ekosistem fasilitas pendukungnya,” tandasnya.


Sandiaga berharap Jababeka Movieland secepatnya berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder film. Tujuannya, agar Jababeka Movieland bisa berkembang, dan keberadaannya memberikan dampak baik bagi industri perfilman dan televisi di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1126 seconds (0.1#10.140)