Baznas Depok Bersama Mahasiswa Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Kurban

Sabtu, 25 Juli 2020 - 21:24 WIB
loading...
Baznas Depok Bersama Mahasiswa Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Kurban
Baznas Kota Depok bersama dengan mahasiswa KKN-T IPB University menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban sesuai syariah dan aman selama pandemi Covid-19. Foto/Ist
A A A
DEPOK - Baznas Kota Depok bersama dengan mahasiswa KKN-T IPB University menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban sesuai syariah dan aman selama pandemi Covid-19. Pelatihan ini diselenggarakan di Masjid Nurul Khoirot, Jalan Kopassus Sukatani, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat.

"Pelatihan ini kita menggandeng Pemuda Karang Taruna sebagai pelaksana, agar sasaran edukasi lebih luas, melalui tokoh agama, tokoh masyarakat, penggerak pemuda serta tentu saja didukung penuh oleh Camat dan Lurah selaku otoritas di wilayah ini," ujar Najib Kamal Badri selaku koordinator pelaksana kegiatan ini dari unsur KKN-T IPB, Sabtu (25/7/2020).

Sementara Ketua Baznas Kota Depok, KH Encep MA meminta, masyarakat untuk memperhatikan aspek protokol kesehatan Covid-19 pada Idul Adha tahun ini. Edukasi dan sosialisasi terkait penyelenggaraan ibadah Idul Adha di masa pandemi gencar dilakukan Baznas Kota Depok, yang kali ini bersama mahasiswa KKN-T IPB.

"Masyarakat harus benar-benar menerapkan proses penyembelihan yang sesuai syariah sekaligus memperhatikan aspek protokol kesehatan Covid-19 pada Idul Adha tahun ini,” terang KH Encep MA. ( )

Wakil Ketua II Baznas Kota Depok, Abdul Ghofar menambahkan, pendistribusian daging kurban perlu mengutamakan kelompok terdampak Covid-19. Dimana pembagiannya dengan diantar ke rumah-rumah penerima manfaat sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

“Baznas Kota Depok telah siap dengan perangkat penyelenggaraan, mulai dari kesiapan tim juru sembelih yang difasilitasi rapid test, pendataan penerima manfaat, pendataan pekurban, pengadministrasian distribusi daging kurban beserta makanan pendamping daging kurban, hingga perangkat dokumentasi dan pelaporan” ujar Wakil Ketua IV Baznas Kota Depok, Dr. Rida Hesti Ratnasari.

"Terima kasih kepada para pekurban, Unit Pengumpul Zakat (UPZ), panitia kurban dari DKM maupun ormas Islam, juga beberapa mitra perguruan tinggi yang telah memberikan kepercayaan kepada Baznas Kota Depok dalam perayaan Idul Adha kali ini," sambungnya.

Dalam pelatihan penyembelihan hewan kurban ini dihadiri juga tokoh masyarakat, otoritas setempat, DKM masjid sekitar serta tokoh-tokoh agama. Penggerak Karang Taruna turut aktif sebagai panitia pelaksana Bersama mahasiswa KKN-T IPB yang selama Bulan Juli hingga Agustus ini berkegiatan di Kecamatan Tapos.

Penyelenggaraan pelatihan oleh KKN-T IPB bersama Baznas Kota Depok ini tetap memperhatikan protokol Kesehatan Covid-19, di antaranya membatasi jumlah peserta, seluruh peserta mengenakan masker, menjaga jarak sehat, sehingga kuota peserta terbatas. Sebagian besar peserta dapat mengakses melalui video conference.

Selanjutnya peserta diukur suhu badan sebelum memasuki tempat kegiatan, kemudian mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, disediakan hand sanitizer. Disinfeksi area pelaksanaan kegiatan dilakukan sebelum kegiatan berlangsung.

Sebagai informasi kemitraan dijalin oleh Baznas Kota Depok dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan manfaat pengelolaan zakat, infak, sedekah serta dana sosial keagamaan lainnya. Setelah berhasil menapaki pencapaian mutu pengelolaan zakat pada 2019, Baznas Kota Depok canangkan akselerasi pencapaian target-target pengumpulan maupun pendistribusian dan pendayagunaan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)