Iduladha 2023, Pemkot Tangsel Salurkan 88 Hewan Kurban

Jum'at, 30 Juni 2023 - 13:19 WIB
loading...
Iduladha 2023, Pemkot Tangsel Salurkan 88 Hewan Kurban
Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ihsan mengelus hewan kurban yang diserahkan di Masjid Al-Itishom, Pilar Saga memotong sendiri hewan kurban tersebut. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANGSEL - Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menyalurkan 88 hewan kurban pada Iduladha 2023. Rinciannya 44 kambing dan 44 sapi. Seluruh hewan kurban dibagikan merata ke tujuh kecamatan.

Distribusi hewan kurban dilakukan melalui beberapa lembaga, termasuk masjid dan musala di sekitar pusat pemerintahan Tangsel. "Ada beberapa pondok pesantren yang kita titipkan untuk hewan kurban. Dan lembaga-lembaga lainnya yang kita titipkan, baik itu organisasi Islam dan lain sebagainya," kata Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ihsan, Kamis (29/6/2023).

Khusus Iduladha tahun ini, Pemkot Tangsel merayakan di dua tempat. Lokasi pertama di Islamic Center Tangerang Selatan yang dihadiri Pilar Saga Ihsan, yang juga memberi pidato sambutan. Lokasi kedua di Masjid Jami Al I'tishom Puspemkot Tangsel yang ditandai dengan sambutan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkot Tangsel Heli Slamet.

Salah satu sapi kurban yang langsung dibagikan di Masjid Al-I'tishom berasal dari Pilar Saga dan keluarganya. Pilar juga sendiri yang menyembelih hewan kurban sapi itu di Masjid Jami Al I'tishom.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan DKM. Alhamdulillah, hari ini saya pun bisa untuk menyembelih sendiri mendoakan mudah-mudahan berkah untuk saya dan keluarga dan juga untuk semua masyarakat Tangerang Selatan," lanjutnya.

Pilar mengutarakan alasannya menyembelih hewan kurban sendiri yakni mengikuti petuah orang tua atau sesepuh. "Beda rasanya kalau kita motong sendiri dengan kita titipkan kepada orang lain. Tetapi, tergantung cara pandang masing-masing. Tapi bagi saya, karena pernah diberitahu orang tua, saya merasa lebih afdal untuk memotong kurban sendiri," tambahnya.

Usai rangkaian ibadah kurban, Pilar Saga bersilaturahmi ke warga di sekitar kediamannya di Kecamatan Serpong.
Pilar berbagi jamuan kepada tetangganya untuk mempererat silaturahmi. Dia juga menyempatkan diri untuk hadir dalam penyerahan kurban di wilayah tersebut.

Semangat berkurban juga ditunjukkan para aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Tangsel. Sebelum Iduladha tiba, para ASN diajak untuk berkurban.

"Alhamdulillah, para ASN sangat semangat untuk berkurban dan kemudian kurbannya kita juga distribusikan kepada tempat-tempat yang menurut kami memang layak untuk kita berikan. Saat ini, beberapa kami salurkan ke beberapa masjid, ke beberapa Pesantren dan juga lembaga lainnya," kata Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Pemkot Tangsel Heli Slamet.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)