RS Siloam TB Simatupang Luncurkan Program Kehamilan Nest

Kamis, 11 Mei 2023 - 14:31 WIB
loading...
RS Siloam TB Simatupang Luncurkan Program Kehamilan Nest
RS Siloam meluncurkan Nest, program sebelum kehamilan dan sesudah persalinan dengan layanan komprehensif hingga calon orang tua bertemu dengan sang buah hati. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit (RS) Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan, meluncurkan Nest, program sebelum kehamilan dan sesudah persalinan dengan layanan komprehensif hingga calon orang tua bertemu dengan sang buah hati. Tenaga medis Nest hadir untuk membantu kehidupan baru orang tua dalam perencanaan kehamilan, selama masa kehamilan, hingga persalinan.

“Nest Siloam Hospital jadi jawaban setiap tantangan ibu hamil hingga melahirkan,” ujar Chief Executive Office RS Siloam TB Simatupang dr Dewi Anggraini, Kamis (11/5/2023).

Program Nest, kata dia, memberikan pelayanan, bimbingan, dan dukungan terbaik dalam mempersiapkan kelahiran si kecil. Tenaga medis Nest, kata Dewi, hadir untuk membantu kehidupan baru orang tua dalam perencanaan kehamilan, selama masa kehamilan, hingga persalinan.

“Program ini akan didukung penuh oleh tim dokter multidisiplin seperti spesialis kandungan dan kebidanan, anak, anestesi, gizi klinis, konsultan laktasi, serta bidan, dan tenaga medis profesional lainnya,” tuturnya.

Layanan program Nest hadir sejak sebelum masa kehamilan dengan pemeriksaan kesehatan orang tua untuk memastikan bahwa keduanya siap secara fisik dan mental. Di usia kehamilan trimester pertama, program Nest menawarkan pemantauan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan, senam hamil, senam nifas, kelas laktasi, edukasi mengenai perawatan bayi, perawatan ibu nifas, serta konseling tentang nutrisi, aktivitas fisik, dan tanda-tanda bahaya selama kehamilan.



“Selanjutnya, kedua orang tua dapat mengikuti kelas persiapan persalinan di dua Rumah Sakit Siloam di mana akan disediakan berbagai kelas persiapan persalinan yang dirancang untuk membantu mengatasi berbagai tantangan dalam persalinan. Selain itu, program Nest juga memberikan menu makanan spesial sebagai bentuk perayaan, yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan selera pasangan suami istri,” terangnya.

Setelah kelahiran, kata dia, program Nest yang diberikan oleh rumah sakit meliputi edukasi dan konsultasi gizi oleh spesialis gizi, kunjungan berkala oleh dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, pembelajaran mengenai nutrisi ibu menyusui dan bayi, hingga edukasi mengenai kontrasepsi. Program Nest juga menyediakan layanan home care.

“Di mana pasangan ayah dan ibu diberikan fasilitas memandikan bayi, perawatan tali pusat, melakukan pijat pada bayi dan mengajarkan manajemen laktasi,” ujarnya.

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di RS Siloam TB Simatupang dr Andre Viscountie menjelaskan, dalam proses persalinan mungkin dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Program Nest juga, kata dia, menawarkan perawatan secara personal sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan calon ibu.

"Kami juga memiliki tim medis yang siap membantu calon ibu selama persalinan dan melahirkan, serta menawarkan berbagai teknik untuk mengurangi rasa sakit dan membuat pengalaman melahirkan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, misalnya dengan metode Eracs, senam nifas yang rutin, atau teknik pijat melahirkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia berharap, dengan adanya program Nest ini dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi seorang ibu saat melewati proses melahirkan sang buah hati dan mampu beradaptasi dengan baik sebagai orang tua baru.

“Program Nest di RS Siloam TB Simatupang dan RS Sriwijaya Palembang memiliki berbagai layanan spesial untuk pasien yang memilih kamar VIP, VVIP, Suite, dan Presidential Suite, baik dengan prosedur melahirkan normal maupun C-section,” ujarnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)