May Day, Ini 4 Aktivis Legenda Pergerakan Buruh di Indonesia

Senin, 01 Mei 2023 - 05:35 WIB
loading...
May Day, Ini 4 Aktivis Legenda Pergerakan Buruh di Indonesia
Marsinah merupakan sosok pahlawan buruh yang melegenda dan menjadi symbol pergerakan buruh di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tepat hari ini, 1 Mei 2023 buruh sedunia memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day). Setiap perayaannya, biasanya buruh di berbagai belahan dunia melakukan aksi demonstrasi sebagai bentuk penyampaian pendapat dalam rangka menegakkan hak-hak kaum buruh.

Pada beberapa negara, termasuk Indonesia, Hari Buruh merupakan sebuah hari libur nasional setiap tahunnya. Peringatan ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial pada buruh.



Buruh merupakan tonggak utama dunia usaha, seperti perusahaan nasional maupun Internasianal. Mirisnya, terkadang nasib para buruh tidak secemerlang para pengusahanya sendiri, padahal hak para buruh telah diatur dalam undang-undang dan hukum negara.

Bahkan, sejarah pergerakan buruh di Indonesia sendiri diwarnai beberapa tokoh yang berpengaruh. Pada masa kelam orde baru, aktivis buruh yang terlalu keras sudah dipastikan keberadaanya pasti menghilang dan ditemukan meninggal dunia.



Berdasarkan rangkuman SINDOnews dari berbagai sumber, ada empat tokoh aktivis buruh semasa hidupnya aktif dalam pergerakan serikat pekerja dengan memperjuangkan hak-hak buruh demi kesejahteraan buruh di Indonesia.

Berikut 4 aktivis buruh melegenda:

1. Marsinah

Marsinah merupakan sosok pahlawan buruh yang Namanya masih diingat hingga saat ini. Marsinah menjadi ikon perjuangan kaum buruh melawan penindasan. Fotonya kerap digadang-gadang oleh para buruh saat sedang melakukan demonstrasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)