May Day, Ini 4 Aktivis Legenda Pergerakan Buruh di Indonesia

Senin, 01 Mei 2023 - 05:35 WIB
loading...
A A A
3. Agus Sudono

Agus Sudono adalah mantan Ketua Umum Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI). Agusdianggap sebagai tokoh legendaris perburuhan di Indonesia yang melintasi dua zaman, yakni Orde Lama dan Orde Baru.

May Day, Ini 4 Aktivis Legenda Pergerakan Buruh di Indonesia


Agus juga tercatat pernah menjadi anggota Badan Eksekutif Organisasi Buruh Internasional (ILO). Tokoh buruh legendaris Indonesia ini meninggal pada Februari 2012 silam dan namanya masih dikenang hingga kini.

4. Muchtar Pakpahan

Muchtar pakpahan merupakan tokoh buruh yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. Dia merupakan pendiri sekaligus mantan Ketua Umum DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (1992-2003).

May Day, Ini 4 Aktivis Legenda Pergerakan Buruh di Indonesia


Karena usahanya yang gigih untuk memperjuangkan kenaikan gaji buruh, Muchtar memperoleh berbagai penghargaan hak asasi manusia dari dunia internasional. Pada tahun 2003 dia meninggalkan Serikat Buruh dan mendirikan Partai Buruh Sosial Demokrat.

Pada 2010, Muchtar meninggalkan partai tersebut dan memilih fokus di kantor pengacaranya Muchtar Pakpahan Associates dan mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Muchtar Pakpahan meninggal pada 21 Maret 2021 karena menderita kanker.Hingga kini, empat aktivis buruh ini masih menjadi ikon dan simbol perjuangan dan perlawanan buruh dalam memperjuangkan hak-haknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)