May Day, Massa Buruh Tinggalkan Patung Kuda dan Bertolak ke Stadion Madya GBK

Rabu, 01 Mei 2024 - 13:14 WIB
loading...
May Day, Massa Buruh Tinggalkan Patung Kuda dan Bertolak ke Stadion Madya GBK
May Day, ribuan massa aksi dari berbagai federasi dan organisasi buruh mulai meninggalkan Silang Monas Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024). Foto/Jonathan Simanjuntak/SINDOnews
A A A
JAKARTA - May Day , ribuan massa aksi dari berbagai federasi dan organisasi buruh mulai meninggalkan kawasan Silang Monas Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024) siang. Massa kini mulai bertolak menuju Stadion Madya Gelora Bung Karno.

Pantauan di lokasi, ribuan massa itu mulai bergeser dari kawasan Patung Kuda tepat pada pukul 12.00 WIB. Mereka bubar setelah menyelesaikan rangkaian aksinya di Patung Kuda yang berisi tuntutan kaum pekerja melalui orasi.

Ribuan massa itu kompak membubarkan diri melalui Jalan Medan Merdeka Selatan. Mereka terlihat kompak berkonvoi bersama dengan berjalan kaki menuju shuttle busnya.



Bubarnya massa aksi ini juga turut dimeriahkan oleh lagu-lagu yang dimainkan dari mobil komando. Massa buruh juga turut menyalakan flare berwarna warni dalam memeriahkan aksinya.

Meskipun ada massa buruh yang meninggalkan Patung Kuda, ada massa aksi dari organisasi KSPSI dan FSPMI yang justru baru hadir di kawasan Patung Kuda. Terhitung massa itu datang ke titik aksi pada pukul 13.00 WIB.

Di Stadion Madya Gelora Bung Karno buruh akan merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day bertajuk May Day Fiesta. Acara May Day Fiesta rencananya akan diikuti oleh sebanyak 50.000 buruh dari berbagai organisasi dan federasi.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan aksi May Day 2024 akan diselenggarakan di ratusan kota industri di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 200.000 orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," kata Said Iqbal dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024)
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)