Mahasiswa Kelompok Cipayung Plus Berharap Pilpres 2024 Lahirkan Estafet Kepemimpinan

Selasa, 23 Januari 2024 - 22:07 WIB
loading...
Mahasiswa Kelompok Cipayung Plus Berharap Pilpres 2024 Lahirkan Estafet Kepemimpinan
Kelompok mahasiswa dari Cipayung Plus berharap Pilpres 2024 melahirkan estafet kepemimpinan nasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kelompok mahasiswa dari Cipayung Plus berharap Pilpres 2024 melahirkan estafet kepemimpinan nasional. Ini agar berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat bisa terus diselesaikan.

"Pemilu 2024 harus dijadikan sebagai momentum pembangunan bangsa dan negara untuk melahirkan estafet kepemimpinan nasional untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia," kata Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Abdul Musawir Yahya dalam Diskusi Publik dan Deklarasi Kebangsaan Cipayung Plus: Silaturahmi Kebangsaan Menuju Pemilu Damai, Selasa (23/1/2024).

Pemilu 2024, kata dia, harus menjadi ruang pertarungan politik gagasan dengan menguatkan komitmen kebangsaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.



"Karenanya kami mengajak kepada seluruh elemen dan komponen kekuatan bangsa untuk bersama-sama melaksanakan Pemilu 2024 dengan aman, damai, jujur, berkualitas, transparan dan demokratis," timpal Ketua Umum PB PMII, M Abdullah Syukri.

Sementara itu, Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom menambahkan, kelompok Cipayung Plus telah menegaskan sikap untuk menolak segala bentuk yang berhubungan dengan money politic, black campaign, isu-isu SARA, hoax dan politik identitas. "Sebab bisa mereduksi kualitas demokrasi dan kehidupan berbangsa dan bernegara," tandas Jefri.



Pihaknya juga mendorong netralitas TNI-Polri dan aparatus negara lainnya untuk menjaga stabilitas politik pada momentum Pemilu 2024

"Mendorong komitmen para calon presiden dan wakil presiden serta partai politik untuk memposisikan kaum muda bukan hanya sebagai obyek tetapi subyek politik dengan membuka ruang seluas-luasnya di dalam ruang kekuasaan jika memenangkan pertarungan Pemilu 2024," kata dia.

Sementara Ketua Umum PP KAMMI Zaky Ahmad Rivai mengatakan, sudah menjadi tanggung jawab bersama kelompok-kelompok gerakan sosial dan gerakan mahasiswa untuk memperkuat kualitas demokrasi di Indonesia. Pertarungan politik 2024 hanya pertarungan sementara dan perebutan kekuasaan politik.

"Ada hal yang lebih besar dari ini yakni keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjadi komitmen untuk dijaga dan diperkuat bersama seiring dengan memanasnya percaturan politik global dan nasional," ujarnya.

"Pemilu 2024 jangan sampai meninggalkan polarisasi politik yang terus menajam yang bisa mereduksi persatuan dan kesatuan bangsa," sambungnya.

Deklarasi Kebangsaan Cipayung Plus ini turut dinyatakan Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI Wiryawan, Ketua Umum EN LMND Muhammad Asrul, Ketua Presidium PP PMKRI Tri Natalia Urada, dan Ketua Umum PP KMHDI IWayan Darmawan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)