Urai Kepadatan Arus Mudik di Jalur Kalimalang, Polisi Siapkan One Way

Rabu, 19 April 2023 - 17:20 WIB
loading...
Urai Kepadatan Arus Mudik di Jalur Kalimalang, Polisi Siapkan One Way
Jalan arteri Kalimalang mulai ramai pemudik yang menaiki sepeda motor hendak menuju Pantura, Rabu (19/4/2023). Foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama .
A A A
BEKASI - Jalan arteri Kalimalang mulai ramai pemudik hendak menuju Pantura atau kota-kota di pesisir Utara Pulau Jawa. Polisi menyiapkan skema one way jika terjadi kepadatan.

Kepala Pos Pengamanan Mudik Lebaran Polres Metro Bekasi kota M Siregar mengatakan, lonjakan pemudik kemungkinan terjadi sore ini dan puncaknya pada malam hari. Mengingat hari ini sudah memasuki cuti bersama Lebaran 2023.


"Mereka biasanya melakukan perjalanan mudik di malam hari, mungkin karena sudah tidak panas," ujar M Siregar saat ditemui MNC Portal di jalur arteri Kalimalang, Rabu (19/4/2023).

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, pihaknya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di sepanjang jalan arteri Kalimalang.



"Kita siapkan rekayasa one way, jalan ini kita arahkan semua ke Cikarang. Sedangkan untuk arah Jakarta nanti ada jalan alternatif di seberangnya," jelasnya.

Namun demikian, M Siregar belum dapat memastikan waktu pemberlakuan one way tersebut. Polisi akan mengukur terlebih dahulu traffic lalu lintas di Jalan Kalimalang.

"Seperti yang diprediksikan pemerintah, ada lonjakan 80 juta pemudik tahun ini, karena pembatasan mobilitas (PPKM) juga tidak berlaku lagi," pungkasnya.

Pada tahun ini diproyeksikan setidaknya 123 juta orang melakukan pergerakan selama periode musim libur Lebaran 2023. Angka tersebut hampir setengah dari populasi penduduk Indonesia.

Rekayasa lalu lintas yang menjadi diskresi kepolisian siap diterapkan untuk mengurai kemacetan di jalan raya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)