Marak Barcode QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid, Begini Imbauan Polisi

Selasa, 11 April 2023 - 11:09 WIB
loading...
Marak Barcode QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid, Begini Imbauan Polisi
Jemaah saat memberikan donasi di kotak amal yang sudah ditempeli stiker barcode. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Maraknya kasus penipuan dengan modus barcode stiker Quick Response Code Indonesian Standard ( QRIS ) palsu di kotak amal masjid belakangan ini membuat khawatir masyarakat. Maka itu, polisi pun memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak tertipu.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus mengatakan, saat ini era digitalisasi semakin maju dan proses transaksi hingga amal pun bisa dilakukan menggunakan digitalisasi. Namun, kata dia, masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati saat menggunakan mekanisme digital, seperti saat hendak beramal ataupun bersedekah.

"Kami imbau supaya masyarakat yang ingin beramal, sedekahnya melalui mekanisme digitalisasi yang saat ini sudah sangat canggih, sudah sangat digital mungkin bisa berkomunikasi dengan pihak dewan masjid atau pihak yang mengelola kode batang tersebut. Apakah betul dikelola oleh orang bertanggung jawab," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/4/2023).



Menurutnya, masyarakat yang hendak beramal dan bersedekah di masjid misalnya, diminta untuk menanyakan dahulu soal kebenaran kode batang yang ada di kotak amal itu dikelola oleh pengurus masjid. Jangan sampai masyarakat yang hendak beramal malah menjadi korban dugaan kasus penipuan.

Sekadar diketahui, viral di media sosial adanya seorang pria tak dikenal melakukan dugaan kasus penipuan dengan modus tempel barcode QRIS di kotak amal masjid. Terduga pelaku melakukan aksinya itu di sejumlah masjid kawasan Jakarta Selatan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)