50 Stiker Barcode QRIS Palsu Bertebaran di Masjid Istiqlal

Selasa, 11 April 2023 - 10:02 WIB
loading...
50 Stiker Barcode QRIS Palsu Bertebaran di Masjid Istiqlal
50 stiker barcode QRIS ditemukan menempel di sejumlah titik kotal amal Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Penipuan berkedok stiker barcode QRIS kotak amal ternyata tidak hanya terjadi di sejumlah masjid di Jakarta Selatan. Tetapi juga ditemukan 50 stiker barcode QRIS di Masjid Istiqlal , Jakarta Pusat.

Pelaku penempelan stiker barcode QRIS palsu yang belum diketahui identitasnya itu juga menempelkan stiker yang sama di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Iya betul. Penempelan diketahui sekitar tiga hari yang lalu," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi, Senin 10 April 2023.

Abu mengatakan, penipuan modus baru tersebut diketahui oleh petugas Masjid Istiqlal ketika timbul kecurigaan soal stiker itu. "Ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi mesjid," ucapnya.

Setelah ditelusuri, ternyata ada sebanyak 50 stiker barcode QRIS kotak amal palsu yang ditempel di sekitar Masjid Istiqlal. Kemudian petugas langsung mencopot dan menyerahkannya ke pihak bank yang tertera dalam kode batang tersebut.

"Total ada 50 stiker. Kita serahkan ke pihak bank. Bank yang punya QRIS yang usut," tuturnya.



Seperti diketahui, sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria menukar barcode Qris yang berada di kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kebayoran Baru, dan Masjid Nurullah Kalibata City, Jakarta Selatan.

Terlihat seorang pria sudah mempersiapkan stiker barcode QRIS untuk ditempelkan di kotak amal tersebut. Dalam hal ini, pihak kepolisian mengaku sudah menerima laporan terkait adanya aksi penipuan berkedok stiker barcode QRIS kotak amal palsu yang bertuliskan 'restorasi masjid' itu.

Diduga, barcode QRIS kotak amal palsu itu ditempel di kawasan Pancoran, Kalibata, Kebayoran Baru, dan Pondok Indah Jakarta Selatan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)