Petugas SPBU Wanita di Bojongsari Depok Kena Tipu Modus Tukar Uang Receh Rp1 Juta, Begini Kronologinya

Sabtu, 21 September 2024 - 21:32 WIB
loading...
Petugas SPBU Wanita...
Seorang petugas SPBU wanita bernama Anggun Ayu menjadi korban penipuan dengan modus tukar uang receh oleh seorang pria tidak dikenal di Jalan Raya Muchtar RT 1/5, Bojongsari, Kota Depok, Rabu (18/9/2024). FOTO ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
DEPOK - Seorang petugas SPBU wanita bernama Anggun Ayu menjadi korban penipuan dengan modus tukar uang receh oleh seorang pria tidak dikenal di Jalan Raya Muchtar RT 1/5, Bojongsari, Kota Depok, Rabu (18/9/2024). Akibat penipuan itu korban mengalami kerugian mencapai Rp1 juta.

Kasi Humas Polres Metro Depok, AKP Hendra menjelaskan, peristiwa itu berawal dari kedatangan pelaku menggunakan motor Honda PCX berwarna merah pukul 10.25 WIB. Dia berpura-pura ingin menukar uang receh ke petugas.

"Pelaku seorang laki-laki datang dari arah pertigaan Bojongsari dengan mengendarai sepeda motor PCX warna merah. Kemudian berhenti di samping petugas SPBU berpura-pura menukar uang receh," kata Hendra dalam keterangannya dikutip, Sabtu (21/9/2024).



Hendra menjelaskan pelaku membawa uang pecahan Rp2.000 dan Rp1.000 untuk ditukarkan menjadi pecahan Rp100.000 senilai Rp1 juta. Petugas SPBU pun memberikan uang Rp1 juta pecahan Rp100.000 tersebut ke pelaku.

"(Pelaku bawa uang) Pecahan Rp2.000 dan Rp1.000. (Kenapa korban percaya menukar uang) Karena sudah terbiasa suka ada yang menukar uang recehan, lengah," ucapnya.

Menurut Hendra, pelaku kemudian berpura-pura menghitung uang Rp1 juta tersebut. Karena petugas SPBU lengah, pelaku pun langsung menancap gas motor dan meninggalkan lokasi.

"Ketika petugas SPBU memberikan uang sebesar Rp1 juta, pelaku berkata kepada petugas SPBU 'Saya hitung dulu ya mbak'. Di saat petugas SPBU lengah pelaku tancap gas sepeda motornya ke arah pertigaan Bojongsari," ujar Hendra.

Ia menyebut pelaku belum sempat memberikan uang tukarannya. Petugas SPBU mengalami kerugian Rp1 juta imbas kejadian itu, saat ini pihak kepolisian tengah menyelidiki kasus tersebut.

"(Pelaku kabur) dengan tidak memberikan uang tukarannya. Selanjutnya dilakukan pengecekan CCTV dan didapati dari rekaman CCTV pelaku dalam melakukan penipuan tersebut. Saat ini kasus dalam penyelidikan Polsek Bojongsari," ungkapnya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0826 seconds (0.1#10.140)