Polisi Terima Laporan Penipuan Kotak Amal QRIS Palsu di Jaksel

Senin, 10 April 2023 - 19:41 WIB
loading...
Polisi Terima Laporan Penipuan Kotak Amal QRIS Palsu di Jaksel
Kapolres Jaksel Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengaku telah menerima laporan penipuan dengan modus barcode QRIS di wilayah hukumnya. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Polres Jakarta Selatan telah menerima laporan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman Blok M Square terkait penempelan 20 stiker QRIS palsu di tiang dan kotak amal. Penempelan stiker ini merupakan penipuan dengan modus merubah QRIS.

Demikian disampaikan oleh Kapolres Jaksel Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. Dia mengatakan, sejumlah lokasi tersebut berada di antaranya Pancoran, Blok M Square, Kebayoran, dan Pondok Indah.

"Setelah dapet informasi adanya dugaan penukaran QRIS di beberapa masjid di Jakarta Selatan. Kami langsung cek tempat kejadian perkara (TKP)," kata Ade Ary di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Dia mengatakan, setelah melakukan cek TKP penyidik meminta keterangan sejumlah saksi yang berada di lokasi. Setelah melakukan komunikasi hanya baru satu lokasi yang melakukan pelaporan secara resmi.

"Kemudian berkomunikasi dengan pihak masjid dan kami sudah menerima laporan polisi dari DKM masjid tentang laporan dugaan penipuan. Selanjutnya kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," jelasnya.

Dia menyebut sejuah telah ada masyarakat yang telah menyumbang pada QRIS tersebut. Namun, mengenai jumlah dana yang disumbangkan masih belum dapat diketahui.



"Laporan yang kita terima adalah dugaan penipuan dengan cara menukar kode QRIS yang sudah ditetapkan oleh mesjid kemudian ditukar oleh pelaku sehingga ada orang yang diduga mentransfer ke qris palsu itu," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, video aksi seorang pria viral di medsos. Peristiwa yang terekam CCTV tersebut terjadi pada 6 April 2023 sekitar pukul 10.37 WIB. Terlihat seorang pria berkacamata yang memasuki masjid dan mengganti QR Code yang disediakan pihak masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan lantai 7 untuk mengumpulkan dana sumbangan.

Kemudian pria yang diduga pelaku tersebut mengambil QR Code dari saku dan menempel di kotak amal yang disediakan oleh pihak masjid. Tidak tanggung-tanggung sebanyak lima kotak amal tersebut diganti oleh pelaku dengan QR code yang palsu.

Dalam QR Code yang disediakan pihak masjid tertulis bahwa QRIS tersebut tertulis masjid Nurul Iman Blok M Square. Sementara QR Code yang palsu hanya tertulis Restoran Masjid.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)