3 Program Hasil Pertemuan Pj Gubernur DKI dengan Menko PMK, Apa Saja?

Kamis, 16 Februari 2023 - 02:10 WIB
loading...
3 Program Hasil Pertemuan Pj Gubernur DKI dengan Menko PMK, Apa Saja?
Menko PMK Muhadjir Effendy bertemu PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono membahas penuntasan tiga program super prioritas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy bertemu dengan PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono dalam rangka membahas penuntasan tiga program super prioritas.

Menko PMK menyampaikan tiga program super prioritas yang harus dituntaskan yakni pertama, adalah penghapusan kemiskinan ekstrem. Di tahun 2024 Indonesia diharapkan kemiskinan ekstrem sudah tidak ada atau mendekati nol.

Kedua, pengurangan angka stunting. Target penurunan stunting sesuai arahan Presiden di angka 14% tahun 2024. Posisi stunting di Indonesia masih 22,6 %. Ketiga, revitalisasi Vokasi dalam menyiapkan usia produktif terutama usia muda bisa memasuki dunia kerja.

“Nah dari ketiganya tadi Pak Gubernur sudah menjelaskan, saya sangat menghargai dan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah DKI terutama dalam rangka penyepadanan data,” kata Muhadjir dalam keterangan resminya, Rabu (15/2/2023).

“Memang data ini masih menjadi masalah yang paling krusial, sebelum kita bertindak tanpa data yang pasti akan menjadi tidak tepat,” lanjut Muhadjir.

Muhadjir menghargai dan mengapresiasi program yang telah dilakukan Pemprov DKI dalam penghapusan kemiskinan ekstrem dan penanganan kemiskinan. Program sudah sangat cukup dan terutama langkah memecahkan persoalan krusial terkait ketepatan sasaran.

“Setahu saya Pemda DKI satu-satunya provinsi yang sudah melakukan paduan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) maupun data carik,” ujarnya.

Menyinggung persoalan stunting, Muhadjir menyampaikan bahwa Presiden menginginkan kita semua untuk mempersiapkan SDM Indonesia unggul ke depan. Oleh karenanya, isu stunting harus diselesaikan.



Dia pun mendorong Pemda DKI memastikan pengawalan dari calon pengantin hingga tumbuh kembang anak. Terkait pemantauan atas pengukuran indikator stunting agar segera dilengkapi sarana seperti USG ataupun alat antropometri dan latih para kader.

Muhadjir menyampaikan 60% keluarga stunting beririsan dengan kemiskinan ekstrem. Dengan demikian, menangani kemiskinan juga menyelesaikan stunting. Penyelesaian persoalan perumahan dan lingkungan penduduk miskinkunci penyelesaian stunting.

Oleh karenanya, Muhadjir telah berkoordinasi dengan KemenPUPR terkait penanganan kumuh DKI Jakarta yang juga bagian dari strategi pengurangan kantong kemiskinan dalam upaya penghapusan kemiskinan ekstrem.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)