Anies 5 Tahun Pimpin Jakarta: Pahit Manis Majukan Kota Bahagiakan Warganya

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 06:03 WIB
Kemudian, program unggulan lain Anies-Sandi yakni Rumah DP 0 Rupiah, Kartu Pekerja, Kartu Jakarta Lansia, KJMU, KJP Plus, hingga Taman Maju Bersama.

Di tengah perjalanan ketika sedang berjuang merealisasikan berbagai programnya persisnya Agustus 2018 Anies ditinggal Sandi yang dipinang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019.

Anies pun menjadi single fighter memimpin Jakarta. Meski sendirian, dia tetap kuat. Hujan dan badai dilalui. Program demi program dikerjakan meski sedikit kewalahan tanpa pendamping.

"Kalau untuk menjalankan program, tidak. Semuanya berjalan baik-baik saja dan sistemnya juga ada. Yang lebih menantang itu adalah pengaturan banyak sekali undangan. Undangan-undangan kalau dulu bisa dibagi sekarang tidak bisa dibagi, keleluasaan tidak ada. Tapi, untuk program tidak ada bedanya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Hadapi Covid-19

Di tengah kesendirian, Anies harus menghadapi Covid-19 yang merebak di Jakarta dan mewabah di Indonesia umumnya. Sedari awal, Anies dan Pemprov DKI Jakarta berupaya transparan dan mematuhi SOP penanganan Covid-19.

"Kita transparan dan tidak menutup-nutupi kenyataan apapun yang terjadi di kota ini," ucapnya, Jumat (14/10/2022).

Baca juga: Anies Pamer Kemesraan dengan Pimpinan Partai Politik di Formula E

Pemprov DKI selalu menampilkan data apa adanya, termasuk jika ada peningkatan penularan maupun tingkat kematian. "Kita menunjukkan komitmen tinggi dalam menangani itu semua," kata mantan Mendikbud itu.

Bahkan, pihaknya melakukan beberapa mitigasi dengan membentuk Tim Tanggap Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB Darurat, hingga Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More