Anies 5 Tahun Pimpin Jakarta: Pahit Manis Majukan Kota Bahagiakan Warganya

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 06:03 WIB
Putaran kedua berlangsung makin ketat dan sengit. Dua pasangan calon mengeluarkan jurus maut, strategi kampanye, serta militansi parpol pendukung demi meraih kursi DKI 1.



Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Pemenang Pilkada DKI 2017. Foto: Dok SINDOnews

Akhirnya Pilkada DKI 2017 putaran kedua dimenangkan Anies-Sandi dengan peraihan 3.240.987 suara atau 57,96 persen dan Ahok-Djarot memperoleh 2.350.366 suara atau sekitar 42,04 persen.

Anies menyampaikan pidato perdana di Balai Kota DKI Jakarta, 16 Oktober 2017 seusai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur DKI bersama wakilnya Sandiaga Uno.

“Hari ini adalah penanda awal perjuangan dalam menghadirkan kebaikan dan keadilan yang diharapkan seluruh rakyat Jakarta, yaitu kemajuan Ibu Kota tercinta dan kebahagiaan seluruh warganya,” begitu sepenggal kalimat dari pidato Anies.

Fokus Realisasikan Janji Kampanye

Setelah dilantik sebagai Gubernur DKI dan Wagub DKI, Anies-Sandi langsung bekerja memenuhi janji-janjinya selama kampanye. Dari 23 janji kampanye, Anies-Sandi menyelesaikan pekerjaan antara lain melalui program OK OCE (One Kecamatan One for Center Entrepreneurship) mencetak lebih dari 200.000 wirausaha.

Menurut Anies, kesuksesan program yang berganti nama menjadi Jakpreneur itu tidak terlepas dari kolaborasi seluruh pihak yang mendukung UMKM di Jakarta. “Ini adalah kerja kolaborasi luar biasa di mana yang terlibat bukan hanya pemerintah, tapi juga banyak kolaborator," ujar Anies.

Program lainnya peningkatan layanan transportasi publik dengan meluncurkan Jak Lingko. Program ini mengintegrasikan bus Transjakarta, angkutan perkotaan (angkot), dan KRL Commuter Line yang memudahkan warga untuk bepergian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More