6 Makanan Lebaran Khas Betawi, Nomor 3 Filosofinya Memperkuat Silaturahmi

Minggu, 01 Mei 2022 - 08:25 WIB
3. Dodol Betawi

Dodol Betawi terbuat dari ketan, santan, gula merah, serta gula pasir. Pembuatan dodol ini terbilang cukup lama. Mulai dari mencampur semua bahan, mengaduknya menggunakan pengaduk kayu hingga adonan dodol menjadi kenyal. Dodol Betawi mempunyai filosofi, yaitu rasa saling membantu hingga memperkokoh tali silaturahmi. Rasa yang kenyal dan manis dari dodol Betawi menjadi penganan khas Lebaran.



4. Tape Uli

Tape uli menjadi makanan Lebaran khas Betawi. Makanan ini terdiri dari tape yang terbuat dari ketan hitam yang telah difermentasikan. Sedangkan uli terbuat dari ketan putih yang telah ditumbuk lalu dicampur dengan santan, kemudian dibungkus menggunakan daun dan dikukus. Cita rasa manis dan sedikit asam dari tape serta uli yang kenyal serta gurih menjadi perpaduan sempurna.



5. Manisan Kolang-kaling

Makanan ini terbuat dari kolang-kaling yang telah dicampur dengan pemanis alami. Warna merah, oranye, hingga hijau dari kolang-kaling ini menggugah selera ketika menyantapnya. Manisan kolang-kaling mempunyai cita rasa manis, serta kenyal ketika dikunyah. Manisan kolang-kaling bisa juga disantap dengan es campur. Masyarakat Betawi menganggap manisan kolang-kaling dapat memaniskan kehidupan di masa yang akan datang.



6. Biji Ketapang
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More