Suasana H+2 Lebaran di Stasiun Pasar Senen

Jum'at, 12 April 2024 - 15:55 WIB
loading...
Suasana H+2 Lebaran di Stasiun Pasar Senen
Stasiun Pasar Senen. Foto/Dinar Fitra Maghiszha
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat memanfaatkan periode libur panjang Lebaran 2024 dengan berkunjung ke rumah sanak saudara. Moda transportasi kereta api dipilih untuk melintasi jalur darat pulau Jawa.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di Stasiun Pasar Senen, Jumat (12/4/2024), sejumlah orang terpantau mencetak tiket di mesin e-ticket. Sejumlah petugas termasuk anggota Saka Bhayangkara terlihat sibuk membantu penumpang.

Beberapa orang dengan tas dan koper yang melekat tampak berjalan ke luar gerbang kedatangan, bergegas menemui penjemput. Alih-alih berjejal dalam arus mudik lebaran yang terjadi belum lama ini, beberapa penumpang justru memanfaatkan momen luang ini untuk berangkat ke kampung halaman.



“Sekarang ngambil liburan aja sih, kemarin karena nunggu keputusan resmi pemerintah lebaran tanggal 10 April, jadi amannya (berangkat) sekarang,” kata Melisa (28) kepada MPI.

Penumpang tujuan Banyuwangi ini menyebut transportasi kereta lebih efisien sekaligus mempunyai jadwal yang pasti, dibandingkan beberapa moda transportasi lainnya. “Iya ini mau naik Jayabaya,” terangnya.

Sebaliknya sejumlah penumpang justru memanfaatkan libur lebaran untuk menengok keadaan anak di Jakarta. Seperti halnya Watimah (62) penumpang asal Kebumen yang baru datang menggunakan kereta Sawunggaling.

“Ini cuma sama suami, ya amanlah, gak terlalu ramai,” katanya.

Kendati lebaran telah berlalu, momen libur panjang masih berlangsung setidaknya hingga Senin (15/4/2024). Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 1, Ixfan Hendriwintoko, menuturkan bahwa tiket mudik dan balik dari Jakarta masih tersedia.

“Ketersediaan tempat duduk per tanggal 12 April 2024 sebanyak 194.894 seat atau 19 ribu seat rata-rata perharinya,” kata Ixfan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)