Metamorfosis Jakarta, Berawal dari Pesisir dan Upaya Meninggalkan Corak Kolonial (2-tamat)

Jum'at, 12 November 2021 - 05:59 WIB
baca juga: Di Era Gubernur DKI Jakarta Ini Monas dan Patung Selamat Datang Dibangun

Dia menceritakan saat pertama kali ditunjuk jadi Gubernur DKI Jakarta, Bang Ali-sapaan akrabnya, sudah menyatakan misi utama. “Saya masih ingat kata-katanya, tugas seorang gubernur adalah mengurus warga dari lahir sampai meninggal. Nah, itu yang menjadi pembeda dengan gubernur lainnya,” tuturnya.

Beberapa pembangunan yang dilakukan era jenderal angkatan laut itu adalah Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen, Taman Impian jaya Ancol, dan kota satelit Pluit. Bang Ali pun menjadikan Condet sebagai kawasan pelestarian kebudayaan Betawi. Ary mengatakan Ali Sadikin tidak hanya fokus pada hal-hal yang bersifat fisik.

baca juga: Monas, Pembangunan Tugu yang Memakan Waktu hingga 3 Periode

Saat menjabat, ia juga memperbaiki kampung-kampung kumuh melalui program Kampung Improvement Project (IKP). Di masa lalu, ada program sejenis yang bernama kampong verbetering. Pemerintah saat itu berusaha untuk menyediakan air bersih dan perbaikan sarana dan prasarana, seperti jalan. Kemudian, Ali Sadikin pun melakukan pemugaran bangunan-bangunan peninggalan kolonial.



Pelabuhan Sunda Kelapa

“Pada waktu itu, investor sudah banyak datang. Kebijakan-kebijakan beliau, pajak-pajak untuk pembangunan dan kebutuhan masyarakat Jakarta, termasuk (meraup) devisa. Kemudian, (beliau) melakukan penanaman pulau di Kepulauan Seribu, termasuk Pulau Bidadari. Tujuan beliau adalah untuk menarik devisa dari pariwisata,” jelasnya.

baca juga: Anies Ceritakan 76 Tahun Lalu Separuh Warga Jakarta Pernah Berkumpul di Monas

Sementara itu, Sejarawan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Humaidi Syariati mengungkapkan fakta yang jarang diungkapkan ke publik bahwa Soekarno pada masa awal sudah merancang Jakarta sebagai kota pendidikan. Pada tahun 1952, Soekarno meletakkan pembangunan Prasasti Kota Mahasiswa di Rawamangun, Jakarta Timur, yang sekarang menjadi UNJ. Kawasan ini awalnya sebagai perluasan kampus UI Salemba.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More