1 dari 8 Pasien Covid-19 Usia Anak-anak, DKI Minta Orang Tua Lindungi Buah Hati

Rabu, 30 Juni 2021 - 13:22 WIB
Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut 1 dari 8 pasien COVID-19 adalah anak-anak.Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meminta orang tua melindungi akan bahaya pandemi yang kini semakin menggila. Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut 1 dari 8 pasien COVID-19 adalah anak-anak.

"Lindungi Anak dari COVID-19," tulis akun instagram @dkijakarta dikutip Rabu (30/6/2021) Di tengah lonjakan kasus Covid-19, terjadi pula peningkatan kasus positif pada anak usia 0-18 tahun.

Dalam video yang dibagikan, salahsatu faktor yang memperparah kasus positif pada usia anak dikarenakan belum tersedianya fasilitas ICU khsus anak di sebgaian besar rumah sakit dan obat obatan vital untuk anak.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesiam Profesor Aman B Pulungan yang diwawancarai dalam video itu menyebutkan bahwa data nasional saat ini menunjukan proporsi kasus konfirmasi covid-19 pada anak usia 0-18 tahun mencapai 12,5 persen. Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi covid-19 adalah anak.

"Kedua, data IDAI menunjukan bahwa tingkat kematian anak usia 0-18 tahun mencapai 3-5 persen. Jadi negara kita memiliki jumlah kematian paling banyak di dunia. bisa dibayangkan," ungkapnya.



Orang tua berperan penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mulai dari mendampingi pembelajaran secara daring, tidak membawa anak keluar rumah jika tidak mendesak, terapkan protokol kesehatan secara displin hingga melengkapi imunisasi anak untuk mencegh penyakit bahaya lainnya harus dilakukan orang tua.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More