4 Tradisi Unik Perayaan Ulang Tahun Jakarta, Nomor Terakhir Adu Fisik

Kamis, 22 Juni 2023 - 15:20 WIB
Perayaan ulang tahun Jakarta yang jatuh pada 22 Juni itu biasanya diramaikan dengan sejumlah perayaan unik. Foto DOK ist
JAKARTA - Perayaan ulang tahun Jakarta yang jatuh pada 22 Juni itu biasanya diramaikan dengan sejumlah perayaan unik . Sebagian besar, perayaan unik tersebut berasal dari tradisi khas Betawi.

Pada HUT ke 496 Jakarta kali ini, perayaan memiliki tema ‘Jakarta: Jadi Karya untuk Nusantara’. Makna dari tema tersebut adalah Jakarta siap mengoptimalkan sumber daya miliknya demi mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa.



Beragam perayaan dilakukan di berbagai tempat dengan tradisi keunikan tersendiri. Berikut empat tradisi unik pada perayaan ulang tahun Jakarta:

1. Ondel-ondel

Ondel-ondel merupakan kesenian khas Betawi yang wara-wiri ditampilkan dalam festival ulang tahun Jakarta. Boneka berukuran sekitar dua meter ini biasanya tampil berpasangan dan diarak berkeliling dengan iringan musik tradisional.



Boneka yang ditampilkan pun tidak mengenakan pakaian beragam corak yang identik sebagai penolak bala atau malapetaka. Pakaian dari ondel-ondel ini sudah banyak dilakukan modernisasi.

2. Tanjidor

Tradisi kesenian Tanjidor juga biasanya hadir dalam perayaan ulang tahun Jakarta. Iringan musik yang satu ini banyak digunakan pada acara pesta hingga penyambutan tamu kehormatan.

Kesenian Tanjidor umumnya akan diisi oleh 7 hingga 10 personil. Masing-masing personil akan menggunakan alat musik Tanjidor berupa klarinet, terompet, piston, trombone dan lain-lain.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More