ATM Beras di Kodim 0503 Jakarta Barat Siapkan 1,5 Ton per Hari

Senin, 27 April 2020 - 23:34 WIB
loading...
ATM Beras di  Kodim 0503 Jakarta Barat Siapkan 1,5 Ton per Hari
Pembagian beras kepada warga di ATM Pertanian Si Komandan di Kodim 0503 Jakarta Barat. Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Upaya meringankan beban masyarakat terus dilakukan pemerintah. Bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Bank BNI, Kodim 0503 Jakarta Barat menyalurkan 1,5 ton beras per hari.

Dalam penyalurannya, Kodim membagikan sedikitnya 1.000 paket per hari yang didistribusikan ke 125 masyarakat per kecamatan.

"Jadi setiap orang itu dapat 1,5 kilogram (beras). Jadi kita sediakan 1,5 ton per hari," ujar Dandim 0503 Jakarta Barat, Kolonel Kav Valian Wicaksono saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Valian mengatakan, kegiatan ini telah berlangsung hingga hari kelima. Memasuki hari kelima pihaknya telah menambah jumlah kapasitas distribusi, dari sebelumnya hanya 350 paket menjadi 1.000 paket.

Adapun para warga yang berhak mendapatkan beras tersebut yakni mereka yang telah didata oleh para Babinsa di tingkat kelurahan di Jakarta Barat.

Data itu nanti dikomperasikan kepada pihak kecamatan agar valid. Barulah setelah itu masyarakat yang menerima dapat mengambil melalui ATM BNI yang diberikan.

"Ini kan pakai kartu ATM ambilnya. Memang masyarakat diharapkan ambil ke sini. Jadi data awal orang orangnya, nanti mereka didampingi Babinsa datang ke Kodim untuk ambil berasnya di ATM beras," kata Valian.

Valian melanjutkan, setiap harinya ATM beras gratis yang dinamanakan ATM Pertanian Sikomandan ini dibuka pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Pihaknya tetap menerapkan physical distancing, salah satunya dengan mengatur jadwal pembagian agar tak terjadi penumpukan.

"Jadi tiap kecamatan alokasi waktunya 1 jam untuk menghindari enggak crowded. Terus kalau disininya kan protokol kesehatannya jaga jarak, antre cek suhu tubuh, cuci tangan sebelum gunakan ATM," kata Valian.

Valian menambahkan, kegiatan ini akan terus berlanjut selama masih berlangsungnya pandemi corona. Bagi penerima yang lokasinya jauh, tidak mesti mendatangi kodim, melainkan cukup dititipkan ke Babinsa.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)