Masjid JIC Akan Dibangun Pangeran Arab MBS, Jamaah Berharap Ornamen Betawi Dipertahankan

Rabu, 16 November 2022 - 19:27 WIB
loading...
Masjid JIC Akan Dibangun Pangeran Arab MBS, Jamaah Berharap Ornamen Betawi Dipertahankan
Masyarakat menyambut baik rencana pembangunan kembali Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS). Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Masyarakat menyambut baik rencana pembangunan kembali Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) . Masjid JIC akan dibangun kembali oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

"Luar biasa, alhamdulillah ya. Kalau memang ada rencana pembangunan kembali. Bersyukur, senang gitu dengan adanya pembangunan baru lagi," ujar salah satu jamaah Masjid Raya JIC, Dara (32), kepada MNC Portal, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Pangeran Arab Saudi MBS Akan Bangun Masjid JIC Koja yang Terbakar

Dia berharap pembangunan kembali Masjid Raya JIC tetap mempertahankan ornamen bangunan yang bernuansa Betawi, sama seperti sebelumnya.

"Saya pribadi inginnya sih kayak yang sebelumnya gitu. Jadi jangan diubah pembangunannya. Sama seperti sebelumnya gitu, seperti semula," kata dara yang telah menjadi jamaah Masjid JIC selama kurang lebih 10 tahun.

Baca juga: Penampakan Masjid Raya Jakarta Islamic Center Pascasebulan Terbakar Hebat

"Kalau Islamic Center itu lebih ke Betawi ya, jadi memang jangan dihilangkan gitu ya Ke-Betawi-annya," harap dia.

Senada dengan Dara, pendakwah asal Jakarta Utara, Paimun, (46), juga berharap agar Masjid JIC segera dibangun dan tetap mempertahankan orisinalitasnya.



"Ya minimal unsur Betawinya tetap ada. Kalau kapasitasnya, karena memang ini masjid besar ya harusnya besar. Secara ornamen itu terserah nanti yang bangun. Tapi kita berharap, karena ini Jakarta, tidak lepas dari unsur ke-Betawi-annya," ucapnya.

Dia menyampaikan, setelah aktivitas ibadah kini dipindahkan ke Convention Hall membuat para jamaah tidak leluasa. Kurangnya tempat wudhu dan toilet menjadi kendala baru.

"Masih ada beberapa terkendala, ya untuk tempat wudhu sama toiletnya, masih ada masalah, karena enggak seperti kemarin. Jadi belum ada penambahan, perlu ada peningkatan untuk ini," tutur dia.

Divi Juliani (17), siswa SMK Bintang Nusantara turut menyambut baik rencana pembangunan kembali Masjid JIC. "Saya menyambut baik. Bagus juga buat pembangunan lanjutan ini. Biar jadi lebih baik lagi," tutupnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1861 seconds (11.97#12.26)