Penampakan Masjid Raya Jakarta Islamic Center Pascasebulan Terbakar Hebat

Rabu, 16 November 2022 - 17:03 WIB
loading...
Penampakan Masjid Raya Jakarta Islamic Center Pascasebulan Terbakar Hebat
Hampir sebulan Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) dilanda kebakaran. Akibat kebakaran hebat itu, kubah besar yang menjadi ikon masjid, ludes. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Hampir sebulan Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) dilanda kebakaran. Akibat kebakaran hebat itu, kubah besar yang menjadi ikon masjid, ludes.

Diketahui, Masjid Raya Jakarta Islamic Center di Jalan Kramat Jaya Raya, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, terbakar hebat, pada Rabu (19/10/2022) sore. Hari ini pihak pengelola Masjid JIC memberikan waktu kepada wartawan SINDOnews untuk melihat langsung kondisi terkini masjid yang hancur setelah dilahap si jago merah.

Baca juga: Renovasi Masjid Jakarta Islamic Center Pasca-kebakaran, Ini Kata Heru Budi

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak material dan puing kubah yang ambruk masih berserak di dalam. Sejumlah besi yang menopang kubah terlihat berkarat di tengah pelataran.

Penampakan Masjid Raya Jakarta Islamic Center Pascasebulan Terbakar Hebat


Di sisi lain, baik lantai maupun tembok mesjid yang terbuat dari marmer maupun granit terpantau hancur menjadi sebuah puing. Tidak ada lambang atau bangunan yang tersisa dalam kebakaran ini.

Kepala Pusat Pengkajian Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Center/ JIC) KH Muhammad Subki mengatakan, usai kebakaran hebat kondisi masjid semakin memprihatinkan.

"Setelah peristiwa musibah kebakaran beberapa waktu yang lalu, jadi memang semua atap itu runtuh dan turun ke bawah. Ini adalah bagian dari musibah yang menjadi ujian buat kita," Kata Subkhi saat di temui di lokasi, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Detik-detik Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center Roboh saat Kebakaran

Menurut Subkhi, dari peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan 100 persen bangunan atap masjid mengalami kerusakan berat. Sehingga dengan kondisi tersebut masjid utama tidak bisa dipakai dan harus dilakukan renovasi total.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3004 seconds (10.177#12.26)