Sepeda Makin Diminati, Lindungi Keselamatan Pesepeda

Senin, 06 Juli 2020 - 08:09 WIB
loading...
A A A
Dinas Perhubungan DKI mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Pengguna juga diminta untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan. (Lihat videonya: Nekat Tiktokan di Jembatan Suramadu, Tiga Emak-emak Harus Berurusan dengan Polisi)

Pengamat perkotaan Nirwono Joga mengatakan, layanan bike sharing merupakan salah satu solusi untuk membudayakan perkembangan pesepeda. Namun, program tersebut percuma jika tidak didukung fasilitas pendukung lain, misalnya jalur sepeda. "Bike sharing harus didukung bike route untuk dalam kompleks perkantoran dan permukiman, bike lane untuk di jalan raya, dan sebisa mungkin disediakan bike path di trotoar yang lebar atau jalur terpisah khusus buat pesepeda," katanya.

Nirwono juga menyarankan agar memperpanjang jam operasional bike sharing dari pukul 06.00-22.00 WIB untuk melayani pekerja malam yang akan menuju stasiun atau halte terdekat. Kemudian, untuk uji coba, seluruh pegawai Pemprov DKI Jakarta wajib meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke angkutan umum dengan menggunakan bike sharing sebagai feeder. (Lihat videonya: Pemprov DKI Jakata Sediakan Layanan Sepeda Gowes)

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike menilai layanan bike sharing di sembilan titik belum optimal. Dia meminta agar lebih baik Pemprov DKI Jakarta konsisten membangun jalur sepeda seperti apa yang direncanakan dan fokus terhadap pengawasan jalur sepeda yang sudah ada. "Jalur sepeda eksisting saat ini saja tidak berfungsi dan kerap digunakan kendaraan lain. Hal itu karena tidak konsisten dan lemahnya pengawasan," ungkapnya. (Yan Yusuf/Bima Setiyadi)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)