Capai Prestasi Wilayah Bebas Korupsi, Kanwilkumham DKI Beberkan Evaluasi WBBM

Kamis, 29 September 2022 - 21:52 WIB
loading...
Capai Prestasi Wilayah Bebas Korupsi, Kanwilkumham DKI Beberkan Evaluasi WBBM
Kanwilkumham DKI Jakarta mencapai predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dalam prestasi pelayanannya kepada masyarakat ibu kota. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta mencapai predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dalam prestasi pelayanannya kepada masyarakat ibu kota. Hal ini dipaparkan dalam evaluasi penilaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis (29/9/2022).

Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan, evaluasi penilaian WBBM yang diadakan tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) menjadi bagian evaluasi yang terus memotivasi kinerja lembaganya.

Dia membuktikan instansinya yang tidak absen memperoleh prestasi-prestasi dalam kinerja kelembagaan.
Baca juga: Nurul Ghufron: Revitalisasi Takhta Tingkatkan Profesional Bebas Korupsi

"Dalam pemenuhan ZI (zona integritas) di 28 Satker (satuan kerja) kami sudah ada 10 satuan kerja kami yang telah meraih predikat WBK, WBBM. Tahun ini ada dua UPT kami yang menuju WBK," ujar Ibnu, Kamis (29/9/2022).

Capaian prestasi tersebut tidak lepas dari terobosan program yang dikerjakan oleh instansinya kepada publik. Salah satunya upaya pencegahan pungutan liar (pungli) dilakukan oknum petugas kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan dan Lapas wilayah Kanwilkumham DKI.

"Pemenuhan hak-hak narapidana remisi, PB (pembebasan bersyarat), CB (cuti bersyarat), CMB (cuti menjelang bebas) dan asimilasi diberikan secara online, cepat, transparan, objektif, serta tanpa pungli," ungkapnya.

Dalam implementasi kinerja lembaganya melayani publik, Ibnu menyampaikan membuka akses kepada masyarakat secara langsung dan terbuka. Akses pelayanan publik dibuka di dua pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta.

"Kanwil Kemenkumham DKI juga membuka layanan publik pada dua pusat perbelanjaan yaitu Pusat Grosir Cililitan Jakarta Timur dan Pasar Pagi Mangga Dua Jakarta Utara," kata Ibnu.

Diketahui, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mendapatkan nilai 81,65 dengan predikat A (Memuaskan) dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2021. Kemudian, Kanwilkumham DKI menjadi satu-satunya Kantor Wilayah yang diusulkan ke Tim Penilaian Nasional Kemenpan RB sesuai Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor SEK-OT.03.03-21.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)