Selama Ramadan, Pegawai Kantor Imigrasi Tangerang Wajib Khatam Al-Qur'an

Sabtu, 01 April 2023 - 16:00 WIB
loading...
Selama Ramadan, Pegawai Kantor Imigrasi Tangerang Wajib Khatam Al-Quran
Sejumlah pegawai Imigrasi Tangerang tampak sedang membaca Al-Quran pada bulan Ramadan 1444 Hijriah. Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Selama bulan Ramadan beragam kegiatan dilakukan untuk memperbanyak amalan, salah satunya adalah membaca Al-Qur’an usai salat ataupun untuk mengisi waktu luang. Kegiatan ini juga rupanya dilakukan oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang yang beragama Islam selama Ramadan 1444 HIjriah.

“Semua kegiatan di bulan Ramadan ini bukan hanya fokus pada pelayanan kepada masyarakat, tapi juga dalam rangka meningkatkan keimanan kita, khususnya di bulan yang penuh berkah ini. Lalu, kami juga ingin menjalin silahturahmi, mencerminkan rasa syukur kita kepada Allah SWT,” tutur Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Rakha Sukma Purnama, Sabtu (1/4/2023).

Para pegawai muslim dapat memanfaatkan Masjid Al Hijrah yang berada di Kantor Imigrasi Tangerang, sebagai tempat khatam Al-Qur’an. Kegiatan ini dilakukan setelah selesai melakukan pelayanan.

“Pelajaran yang dapat diambil dalam mengkhatamkan Al-Qur’an adalah mendapatkan rahmat, ketenteraman, dan merupakan suatu amalan atau ibadah yang paling dicintai Allah Subhanahuwataalla dan mendapatkan syafaat di akhirat nanti,” tuturnya.



Tak hanya itu, para pegawai juga membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada masyarakat sekitar Kantor Imigrasi Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Yayasan Hafidz Quran, Markas Quran Zain bin Tsabit, yang juga dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, para pejabat struktural, pegawai Kantor Imigrasi Tangerang, serta perwakilan dari Yayasan hafiz Quran Markaz Quran Zain bin Tsabit.

“Kami memberikan sejumlah santunan, untuk keperluan yayasan tersebut. Tujuan santunan ini adalah menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan dan memupuk pribadi yang baik, berbagi dan kasih sayang terhadap sesama,” katanya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten Ujo Sujoto mengaku, bersyukur telah dipertemukan dengan keluarga yang mencintai Al-Qur’an seperti sabda Allah SWT yang menjadi keluarga ku adalah orang-orang yang dekat dengan Al-Qur’an.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh teladan bagi kantor imigrasi lain, memanfaatkan bulan suci Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan juga berbagi kepada sesama,” ujarnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)