Sambangi Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Dirjen Silmy Pastikan Pelayanan Maksimal

Rabu, 01 Februari 2023 - 21:54 WIB
loading...
Sambangi Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Dirjen Silmy Pastikan Pelayanan Maksimal
Sejumlah masyarakat tampak duduk menunggu giliran di Kantor Imigrasi Kelas I TPI, Jakarta Utara. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara , Rabu (1/2/2023). Kedatangan Silmy untuk melihat pelayanan keimigrasian yang berjalan sekaligus memberikan arahan kepada jajaran.

Didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Pamuji Raharja, Silmy memantau ruang pelayanan Paspor RI dan izin tinggal WNA sebelum menuju ruang aula di lantai 3 untuk menyampaikan arahan kepada pejabat struktural dan pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Utraa.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Qriz Pratama menjelaskan, kondisi sarana prasarana yang dimiliki oleh kantor beserta inovasi yang telah dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan.

Silmy Karim sangat mengapresiasi kondisi Kantor Imigrasi Jakarta Utara yang cukup representatif sebagai kantor imigrasi dalam memberikan pelayanan keimigrasian yang baik walaupun dengan keterbatasan yang ada karena berlokasi di ruko.

"Ada hal yang baik pada setiap kantor imigrasi tetapi belum sama satu dengan yang lain," ungkap Silmy melalui keterangan persnya, Rabu (1/2/2023).

Dia berpesan kepada Kepala Kantor dan seluruh jajaran, di bawah koordinasi Kepala Divisi Keimigrasian untuk bisa menyeragamkan yang sudah baik, bukan untuk malah mengurangi. Namun justru untuk menambah, baik dari sisi aplikasi serta layanan.



Dalam arahannya, Silmy menyampaikan, empat amanat dari Presiden RI Joko Widodo. Pertama adalah pelayanan yang cepat dan bersih. "Apapun sekarang cepat. Apa-apa yang membuat lama, gugurkan" ujarnya.

Layanan yang cepat juga berhubungan dengan hal kedua, yaitu digitalisasi. Proses akan dionlinekan cepat atau lambat. Terkait hal tersebut Silmy berpesan bahwa kebiasaan pengawasan yang dilakukan harus didorong agar tidak kaget dengan perubahan yang ada. "Ketika kita mempermudah proses artinya pengawasan dan intelijen harus didorong untuk antisipasi," ucap Silmy.

Ketiga adalah terkait review struktur organisasi, SOP, serta proses bisnis di internal organisasi. Silmy berpesan untuk fokus pada birokrasi yang mempermudah dan mempercepat, tanpa menghambat atau membuat sulit pemohon. Amanat keempat berkaitan dengan penerbitan visa yang menarik pelintas yang berkualitas atau yang disebut dengan Golden Visa.

"Imigrasi harus menjadi bagian yang membantu mendukung atau sebagai fasilitator pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik," pesannya.

Silmy juga memberikan masukan agar desain kantor baru bagi Kantor Imigrasi Jakarta Utara nantinya untuk memperhatikan layout disesuaikan karekteristik lingkungan dan pemohon di wilayah Jakarta Utara. "Yang paling mengerti kondisi adalah yang di lapangan, jadi harus proaktif untuk mendengarkan" tutup Silmy.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)